--> Skip to main content

Perbedaan Standard Definition, HD, Full HD, Ultra HD, dan 4K Video

Ini loh Perbedaan Standard Definition, HD, Full HD, Ultra HD, dan 4K Video Percaya atau tidak sebelum ditemukannya tv LED, teknologi Televisi jaman dulu masih menggunakan tabung yang amat besar ukurannya. Malahan ada yang masih menggunakan kayu sebagai cover pembungkusnya. Lantas bagaimana dengan kualitas videonya ya? Tentu saja video yang ditampilkan masih sangat sederhana, gambar masih kurang bagus untuk dilihat, parahnya lagi jika terlalu sering menonton tv di masa itu, mata bisa rusak. Beruntung sekarang telah ditemukan televisi menggunakan teknologi Light Emeting Dioda atau lebih dikenal dengan LED.

TV LED memiliki gambar yang lebh bagus jika dibandingkan dengan tv tv konvensiional. Pabrikan TV seperti LG, Samsung, akari, Polytron, Sharp, dan tentu saja Sony telah memproduksi banyak merk dengan teknologi LED. Salah satu ciri televisi yang menggunakan LED adalah TV yang memiliki layar datar. Ternyata saat ini banyak sekali jenis telvisi LED, ada TV HD, Full HD, Ultra HD dan 4K. Kalau HD sendiri kepanjangan dari high definition. Lantas apa sebenarnya perbedaan antara TV HD, Full HD, Ultra HD dan 4K? Semua akan dibahas satu persatu di artikel ini.
Perbedaan TV HD, Full HD, Ultra HD

Nah ada perbedaan istilah dalam membicarakan kualitas televisi dengan kualitas video. Ternyata TV HD maupun non HD adalah bagaimana kemampuan televise tersebut untuk memutar video dengan kualitas HD maupun non hd. Untuk itu pada penjelasan di bawah adalah penjelasan mengenai video HD, Full HD, Ultra HD dan 4K. Bukan mengedankan pada televisinya.

Perbedaan TV HD, Full HD, Ultra HD, dan 4K.

1.  Standard Definition Video

Sebelum menjelaskan televisi era modern seperti sekarang ini yaitu televisi high definition (HD TV), akan kami jelaskan televisi dengan teknologi standard definition video. Televisi jenis ini mampu untuk memutar dengan ukuran video yang lebih kecil jika dibandingkan dengan TV HD. Ukuran video yang bisa ditampilkan adalah 720 x 480 pixel dengan kecepatan frame rate sebesar 30 fps. Kalau anda masih mau mencari televisi jenis, seperti harus punya usaha lebih untuk mendapatkannya karena jumlahnya yang semakin berkurang. Meskipun kalau melihat harganya memang lebih murah dibandingkan dengan televise HD.

2. High definition video

Televisi dengan kualitas video berupa high definition atau HD video memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan televisi standar definition video. Televisi jenis ini memiliki kualitas gambar 480/ 720 p. Sementara video yang bisa diputar lebih besar lagi dibandingkan dengan standar definition video yaitu 1.280 x 720 pixels dengan kecepatan frame rate sebesar 30 fps. Kebanyakan produsen televise memproduksi televisi jenis hd ini.

3.  Full HD Video

Selanjutnya adalah televisi yang bisa memutar video dengan kualitas video full hd video. Video jenis ini memiliki kualitas yang lebih tinggi, gambar yang lebih bening dan terlihat lebih nyata. Resolusi video yang bisa ditampilkan adalah 1.920 x 1.080 pixels dengan kecepatan video mencapai 30 fps. Adapun kualitas gambar sangat tinggi mencapai 1080 p. Kalau anda memiliki televisi dengan jenis full HD, pasti sangat keren karena bisa menampilkan video yang sangat bagus, gambar terlihat besar.
Baca juga: Cara Menghitung Harga Rumah Paling Mudah

4.  Ultra HD Video

Jenis televisi selanjutnya adalah yang memiliki kemampuan pemutar video ultra hd. Televisi jenis ini lebih tinggi kualitas gambar dan videonya. Tentu saja ukurannya videonya lebih besar dibandingkan dengan telvisi hd lain yang sudah kami sebut sebelumnya. Ukuran video yang bisa ditampilkan adalah 3.840 x 2.160 pixel dengan kualitas gambar mencapai 2160 p. Ultra hd biasanya disingkat dengan UHD. Saja. Kalau melihat ukurannya, televisi ultra HD memiliki kemampuan 2 x dari full hd sehingga disebut dengan quad HD.

5. 4K Video

Televisi dengan kualitas paling tinggi adalah 4K video. Disebut dengan 4K karena telvisi jenis ini mampu untuk menampilkan video dengan ukuran video mencapai 4000 pixel, tepatnya 4.096 pixel x 2.196 pixel. Namun ukuran gambarnya ditampilkan masih sama dengan ukuran gambar sama dengan televisi ultra hd.

Kalau anda mau membeli televisi HD, Full HD, Ultra HD ataupun 4K sebaiknya anda pilih baik baik. Sebab masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Sementara dengan kualitas gambar yang lebih tinggi, harga yang dipatok juga lebih tinggi. Kira-kira anda mau pilih televisi yang mana?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar