--> Skip to main content

Cara membatalkan Tiket kereta Api di Stasiun dan Online, Mudah Mana?

Ingin Cancel tiket kereta api? Yuk simak artikel cara membatalkan tiket kereta api di Stasiun dan Online berikut. Harga tiket kereta api yang lumayan mahal membuat orang sayang jika tidak jadi berangkat dan membiarkan tiket menjadi hangus. Ternyata saat ini Ada cara membatalkan tiket kereta api jarak jauh yang cukup mudah sehingga siapapun bisa membatalkan tiket kereta api. 

Perlu diketahui, syarat waktu pembatalan tiket kereta api paling tidak 1 jam sebelum keberangkatan kereta api. Jadi kalau kereta api berangkat jam 1 siang, anda bisa maksimal bisa membatalkan pukul 12 siang. Jika lewat dari jam 12 siang, tiket anda dinyatakan hangus. Untuk itu, jika memang jauh jauh hari sebelum hari keberangkatan ternyata batal, sebaiknya anda harus sesegara mungkin membatalkan tiket kereta api.
cara membatalkan tiket kereta api di stasiun dan online

Uang Pembatalan tiket kereta api dapat diterima secara cash maupun via transfer. Sebagai informasi, potongan pembatalan tiket kereta api sebesar 25% dari harga tiket yang tertera pada tiket kereta. Sehingga setelah anda menerima uang transfer pembatalan tiket kereta api, ternyata tidak sampai 100% persen dari harga tiket kereta, anda tidak perlu risau dan komplai pada PT. KAI. Sebaiknya anda hitung dulu berapa uang diterima, apakah 75% dari harga tiket atau kurang dari itu. Kalau 75% dari harga tiket, berarti 25% sudah dipotong sebagai denda pembatalan tiket kereta api.
baca juga: Harga Tiket Kereta Api Lebaran
Kalau anda membeli tiket kereta api dari tokopedia, atau traveloka atau bukalapak, sepanjang yang kami tahu tidak bisa melakukan pembatalan melalui traveloka, tokopedia maupun bukalapak. Pembatalan hanya bisa dilakukan di stasiun atau secara online melalui aplikasi KAI Access.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api di Stasiun

Sebelum membatalkan tiket kereta api siapkan dahulu beberapa persyaratan untuk membatalkanya. Pertama adalah kode booking tiketnya. Kemudian identitas diri utama yaitu ktp. Jika akan membatalkan tiket milik orang lain, maka anda harus mempersiapkan dahulu surat kuasa yang ditandatangani oleh pemberi kuasa dengan dibubuhi materai 3000. Di beberapa stasiun seperti stasiun purwokerto, telah disediakan formulir surat kuasa.

Jika anda membatalkan tiket dengan surat kuasa, tetap harus menunjukan KTP asli pemilik tiket asli.

Setelah semua persyaratan lengkap, selanjutnya anda datang ke stasiun tempat pembatalan tiket kereta api. Sepanjang pengalaman kami, untuk membatalkan kereta api dari Jakarta, kalau keberangkatan dari Stasiun gambir, maka harus dibatalkan dari stasiun gambir. Sementara kalau keberangkatan dari stasiun pasar senen juga harus dibatalkan di stasiun pasar senen.
Baca juga: Cara Membeli Tiket Kereta Api di Indomart dan Alfamart
Setelah anda tiba di stasiun, ambil nomor antrian untuk pembatalan tiket kemudian anda ambil formulir pembatalan tiket kereta yang berwarna merah. Isi identitas sesuai formulir isian pembatalan, kemudian isi nomor kode booking tiket kereta. Kalau nomor seri tiket bisa diisi oleh petugas di Stasiun setelah nomor antrian anda dipanggil.

Hal yang paling krusial dalam pengisian formulir pembatalan adalah pengisian metode penerimaan uang. Anda bisa mengisi dengan metode transfer. Isikan nomor rekening bank yang akan dikirimi uang transfer dari PT. KAI. Jika anda tidak memiliki rekening Bank, anda bisa menggunakan rekening Bank milik orang lain.

Selain dengan metode transfer, bisa juga dengan dibayar secara cash. Setelah pembatalan diproses oleh petugas, maka pada formulir akan diisikan tanggal pengambilan uang secara cash. Jangan lupa kalau mau mengambil uang pembatalan, anda harus membawa formulir yang telah divalidasi oleh PT. KAI. Juga jangan lupa membawa KTP asli.

Kami informasikan, jika pengembalia uang pembatalan dari PT. KAI sekitar 30 sampai dengan 45 hari.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Secara Online

Untuk membatalkan tiket kereta api secara online, anda memiliki smartphone yang dapat menginstal aplikasi KAI ACCESS. Setelah anda menginstal aplikasi KAI Access, anda bisa membatalkan pada menu My Trips dengan cara memasukan kode booking pada kotak isian yang tersedia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar