--> Skip to main content

Cara Mengatasi Kipas Laptop Bising Dengan Mudah

 lMemiliki laptop bising seperti laptop acer yang kami miliki dengan suara kipas yang sangat bising begitu mengganggu. Untuk setelah kami melakukan berbagai cara, kami dapat mengetahui cara mengatasi kipas bising laptop Acer. Mungkin cara yang kami terapkan bisa juga diterapkan untuk laptop dengan merk lain seperti laptop HP, Sony, Dell, Benq atau bahkan Mac book Pro. 

Bagi anda yang seringkali beraktifitas dengan laptop dalam kegiatan sehari hari tentu sangat terganggu jika terdapat kendala
cara mengatasi kipas laptop bising
pada laptop. Terutama dengan suara bising yang dihasilkan oleh kipas atau fan. Kalau anda terus menerus membiarkan fan atau kipas di laptop dan komputer anda berbunyi bising keras, bisa jadi akan merusak komponen yang lain. Untuk itu anda segera mencari solusi menghentikan suara bising pada kipas laptop.

Hal yang Menjadi Penyebab Kipas Mengeluarkan Suara Bising

Beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa kipas laptop bisa mengeluarkan suara yang sedemikian bising seperti usia laptop yang sudah tua. Semakin lama usia laptop, maka komponennya pun akan semakin tua sehingga ada saja hal hal usang dan eror. Begitupun dengan rentang waktu penggunaan laptop. Jika laptop digunakan secara terus menerus tanpa henti apalagi jika laptop juga tidak diberi pendingin tambahan bisa mengakibatkan kipas laptop mengalami kerusakan.

Penyebab lain kenapa kipas fan laptop bisa bising adalah karena kinerjanya yang cukup berat seperti adanya aplikasi yang memakan memori yang cukup besar sehingga menghabiskan ruang memori. Hal ini bisa menyebabkan fan bekerja lebih keras, karena itu menjadi bersuara bising. Laptop yang kotor dan berdebu kemudian masuk ke dalam instrument kipas hal ini membuat kipas laptop menjadi lebih berat dalam bekerja. 

Hal yang paling tidak kita inginkan jika adanya suara bising pada laptop yang kita miliki dikarenakan kipas laptop yang sudah rusak sehingga cara satunya agar tidak bersuara bising adalah dengan menggantinya.

Cara mengatasi Kipas Laptop Yang Bising

1. Bersihkan Kipas dan Komponen Laptop lainnya

Hal pertama yang harus dilakukan apabila laptop bersuara bising adalah dengan membersihkan seluruh bagian laptop terlebih dahulu. Terutama pada bagian kipasnya. Untuk membersihkan fans bisa dengan melepaskan terlebih dahulu fans yang ada dilaptop kemudian bersihkan dengan bahan yang tidak kasar seperti kuas atau kain lap. Bersihkan bagian lain menggunakan bahan yang tidak mengandung ion dan listrik netral.

2. Bersihkan Aplikasi Berat

Kalau pada laptop anda terinstal aplikasi yang dirasa cukup berat yang menyebabkan laptop menjadi sangat keras dalam bekerja, ada baiknya anda segera membuang aplikasi tersebut. Aplikasi yang tidak pernah digunakan lebih dibersihkan juga dari pada hanya akan menambah beban memori.

3. Ganti Kipas Laptop

Sudah kami berikan informasi di atas, apabila kipas laptop ternyata mengalami kerusakan, jalan yang terbaik adalah dengan menggantinya.  Dengan mengganti kipas laptop dengan kipas yang baru akan mengembalikan performanya kembali seperti semula. Sebab, kalaupun kipas diperbaiki, kemungkinan suara menjadi hilang akan sulit sekali. Bisa jadi malah kalau memperbaikinya tidak sesuai, akan menyebabkan kerusakan pada komponen laptop yang lain

4. Tambah pendingin

Salah satu penyebab kenapa laptop menjadi bersuara bising pada kipasnya adalah karena kurangnya pendingin. Suhu panas bisa disebabkan oleh bagian dalam laptop sendiri maupun lingkungan luar laptop. Untuk mengatasi panas yang disebabkan oleh lingkungan luar, anda bisa menggunakan kipas eksternal tambahan. Bisa diperoleh di toko computer. Kalau panas yang disebabkan oleh bagian internal dalam laptop, anda bisa menambahkan gel pendingin. Biasanya jel pendingin ini hanya bisa dipasang oleh ahlinya saja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar