--> Skip to main content

Jenis Kura-Kura Darat dan Air yang Mudah Dipelihara, Gak Ada yang Mahal

Bagi penghobi binatang peliharaan pasti kalau ditanya jenis kura-kura darat atau air apa saja belum tentu bisa menjawab. Sebab tidak semua orang yang hobi memelihara binatang memelihara kura-kura baik itu kura-kura darat maupun kura kura air. Beruntunglah mereka yang menggemari kura-kura, karena Indonesai adalah negeri yang kaya akan keanekaragaman hayati, sehingga akan dengan mudah menemukan berbagai macam jenis kura-kura.

Kalau mau tahu ada berapa jenis kura-kura yang hidup di Indonesia? Hingga saat ini kurang lebih ada 33 jenis kura kura yang hidup di Indonesia. Apakah semuanya bisa dipelihara? Tentu sebelum memelihara kura-kura, anda memastikan dulu apakah kura-kura tersebut masuk dalam daftar kura-kura dilindungi. Kalau tidak masuk daftar, sepertinya aman untuk dipelihara.

Memelihara kura-kura memang menjadi kesenangan tersendiri bagi penggemarnya. Hewan yang memiliki kecapatan yang sangat lambat dalam berjalan ini selalu terlihat menarik, meskipun kadang tidak suka untuk diperhatikan. Kura-kura mudah dipelihara karena tidak memerlukan perlakuan khusus yang cukup seperti halnya memelihara ikan arwana maupun ikan koi serta jenis ikan hias lainnya. Anda hanya perlu menyiapkan tempat khusus yang tidak terlalu luas. Jika kura-kura air, anda harus menyiapkan kolam agar kura-kura bisa masuk ke air.

Jika anda memelihara kura-kura sekaligus dengan tujuan untuk mengembangbiakan, maka perlu menyediakan pasir sebagai tempat untuk bertelur. Sebab kebanyakan kura-kura akan bertelur dengan menggali pasir/ tanah kemudian menimbun telurnya dalam pasir/ tanah. Namun ada juga kura-kura air yang bertelur di dalam air sehingga anda tidak perlu mengluarkan biaya tambahan membuat tempat khusus kura-kura bertelur.

Cukup mudah bukan memelihara kura-kura darat atau air? Terus kalau bicara harga, itu relatif karena kadang kita menentukan harga Rp 100.000 itu mahal untuk seekor kura-kura. Namun bagi orang lainnya mengatakan Rp 100.000 itu adalah murah. Bagi anda penghobi kura-kura, pasti tidak akan melihat harga mahal atau murah dari kura-kura, tapi faktor kesenangan dan kepuasan dengan kura-kura yang dimiliki. Nah, apa saja ya jenis kura-kura darat atau air yang mudah untuk dipelihara di rumah? berikut ulasannya.

Macam Jenis Kura-Kura Untuk Dipelihara

Kura-kura Brazil

kura-kura brazil jenis kura kura air

Salah jenis kura-kura air yang bisa dipelihara di rumah untuk hobi adalah kura-kura Brazil. Sesuai dengan namanya, kura-kura Brazil merupakan hewan asli Amerika Selatan. Memiliki ciri disekitar mata agak merah dengan ukuran paling besar hanya mencapai 30 cm. Hidupnya paling suka di air, jadi kalau memelihara kura-kura Brazil bisa dengan menggunakan aquarium saja. Makanannya bervariasi alias suka makan daging dan sayuran. Paling suka makan daging ketika masih muda, tapi beranjak dewasa, kura-kura Brazil semakin menggemari sayuran.

Kura-kura Rusia

kura-kura rusia

Selanjutnya salah satu kura-kura dari daratan Asia Tengah yang bisa dijadikan binatang peliharaan hobi adalah kura-kura asia. Memiliki nama latin Agrionemys Horsfiledii, kura-kura ini merupakan kura-kura paling populer dan umum dipelihara. Jika anda tertarik memelihara kura-kura, namun khatwatir dengan pertumbuhannya yang bisa terus membesar, anda bisa memilih kura-kura rusia untuk dipelihara. Karena kura-kura ini hanya bisa membesar hingga berukuran tidak sampai 40 bahkan 30 cm. Makanan kura-kura rusia juga cukup mudah, cukup sediakan sayur atau pelet, maka kura-kura rusia bisa terus makan.

Kura-kura Aldabra Tortoise

kura-kura darat

Kalau anda penyuka hewan dengan ukuran besar yang salah satu diantaranya adalah kura-kura, anda bisa memilih kura-kura aldabra tortoise. Kura-kura ini bisa memiliki tubuh dengan ukuran panjang hingga 1,2 meter dan beratnya pun bisa hingga 25 kg. Kura-kura jenis ini adalah kura-kura darat yang sukanya hidup di rerumputan, semak-semak dan di kayu pada hutan bakau. Ciri-ciri khusus kura-kura aldabra tortoise adalah lehernya yang bisa memanjang sehingga bisa mengambil makanan meskipun di tempat yang cukup tinggi. Harga kura-kura ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Cherry Head Tortoise


selain kura-kura Brazil asli, ada jenis lain kura-kura Brazil seperti cherry head tortois. Kura kura lucu ini memiliki, bentuk yang sangat menggemaskan dan lucu, karena bentuknya yang seperti buah chery pada bagian kepalanya, makanya diberi nama cherry head tortoise.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar