--> Skip to main content

Pahami Fungsi Tombol Pada Mesin ATM, Ada Clear, Cancel, Enter

Bagi anda yang belum biasa menggunakan mesin ATM, sepertinya harus paham dengan tombol-tombol yang terdapat pada mesin ATM seperti tombol Clear/ Correction, Cancel, Enter dan tombol-tombol angka. Mesin Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine adalah mesin yang digunakan untuk berbagai transaksi keuangan Bank. Mesin ATM hanya dapat digunakan oleh mereka yang telah terdaftar sebagai nasabah suatu bank dan memutuskan untuk menggunakan mesin ATM.

Kalau dulu mesin hanya ada ATM untuk tipe ATM kredit, kalau sekarang telah tersedia ATM debit, dimana seseorang yang ingin menyetorkan uangnya ke Bank, tidak perlu datang dan antri di bank. Tapi cukup setorkan di ATM debit dan uang telah masuk ke rekening bank. 
fungsi dan kegunaan tombol clear cancel enter

Menggunakan mesin ATM sebenarnya sangat mudah, namun karena menyangkut uang, bagi mereka yang pertama kali menggunakan mesin ATM biasanya memiliki rasa takut salah pencet tombol ATM dan akan mengurangi saldo uang di rekening mereka. Untuk panduan menggunakan uang yang dikeluarkan oleh Bank yang bersangkutan mutlak diperlukan. Pada beberapa website juga banyak yang memberikan panduan mengambil ATM seperti pada blog ini pada artikel 

Baca juga: 
Cara Aman Bertransaksi Lewat ATM
ATM BRI Habis Masa Berlaku "Expired"
Cara Ambil Uang di ATM 
Sebelum anda menggunakan mesin ATM ada baiknya memahami fungsi dan kegunaan tombol tombol yang ada di ATM.

Tombol Clear

Tombol Clear di ATM berfungsi untuk menghapus keseluruhan angka yang telah diinput pada isian di ATM. Sebagai contoh adalah saat sudah memasukan nomor PIN, ternyata sebelum di submit atau klik "Lanjutkan" di ATM ternyata kita sadar kalau pin yang dimasukan salah. Maka bisa menggunakan clear untuk menghapus keseluruhan pin yang telah di input. Clear pada beberapa mesin ATM tertulis correction.

Tombol Cancel

Tombol cancel di ATM digunakan untuk mengcancel transaksi dan langsung mengeluarkan ATM dari dalam mesin ATM. Biasanya kalau kita merasa menu yang dipilih pada mesin ATM adalah salah sehingga bisa langsung pencet cancel, apabila diteruskan malah akan semakin salah. Pada beberapa mesin ATM tombol cancel juga digunakan untuk kembali ke menu sebelumnya.

Tombol Enter

Tombol enter pada mesin ATM digunakan untuk masuk menyetujui yang telah diinput.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar