Menarik uang di ATM memang sangat mudah, tinggal memasukan kartu ATM ke tempat kartu kemudian diisi PIN ATM dan pilih nominal uang yang akan kita ambil, maka keluarlah nominal uang sesuai dengan nominal jumlah uang yang kita pilih. Namun pada saat tertentu ketika mesin ATM uang habis dan tidak ada peringatan bahwa uang di ATM habis, biasanya orang yang tidak tahu akan dengan serta merta langsung melakukan prosuder seperti yang sudah kami sampaikan.
Kartu ATM masuk, namun setelah pilih nominal angka berapa uang yang akan kita ambil, uang tidak keluar. Malah yang keluar hanya struk kertas bahwa telah terjadi penarikan dana. Atau pada kesempatan lain jumlah sisa uang muncul di layar mesin ATM. Dan paling kaget adalah uang ternyata tidak keluar dari mesin ATM, tapi jumlah uang yang ada pada tabungan berkurang sesuai dengan jumlah uang kita pilih tadi. Pasti kita terkaget-kaget, karena uang tidak keluar dari mesin ATM, tapi malah saldo tabungan berkurang.
Mungkin kalau yang memiliki uang banyak, tidak akan masalah jika uang di tabungan berkurang beberapa ratus ribu rupiah. Tapi apa jadinya kalau kita yang memiliki uang terbatas di tabungan, kemudian hilang begitu saja tanpa ada sisa, pasti menjadi hal yang sangat menyedihkan. Lebih-lebih jika uang yang akan kita ambil dari ATM tidak keluar, kita abai dengan sisa saldo uang yang ada tabungan. Pasti kalau tahu sisanya, langsung kita akan terkaget-kaget tidak percaya ternyata sisa tabungan berkurang sangat banyak.
Baca juga:
Cara Mengganti Kartu ATM BRI Hilang
Fungsi Tombol Pada Mesin ATM, Ada Clear, Cancel, Enter
Untuk itu sebelum melakukan pengambilan uang di ATM, ada baiknya kita cek dulu berapa sisa saldo tabungan kita, sehingga kita akan lebih waspada jika setelah kita ambil uang di ATM tapi uang habis.
Ada prosedur untuk mengembalikan uang yang menguap atau hilang di atm karena uang di ATM habis. Cara untuk mengembalikan uang yang hilang di tabungan karena mengambil uang di atm yang uangnya habis adalah dengan melaporkan ke nomor laporan bank tempat kita menabung. Jika anda menggunakan bank Mandiri telfon ke 14000. Jika anda menggunakan ATM BRI, anda bisa telfon ke 14017. Jika menggunakan Kartu ATM BNI bisa telfon ke 1500046.
Setelah anda telfon dan diterima oleh customer service bank tempat kita menabung, kemudian anda jelaskan apa yang terjadi. Jika dirasa perlu, anda bisa langsung datang ke kantor cabang Bank tempat kita menabung. Jangan lupa untuk membawa beberapa dokumen seperti KTP dan buku tabungan serta ATM. Biasanya pelayanan akan dilakukan oleh customer service. Anda jelaskan duduk permasalahannya kepada customer service.
Biasanya anda akan mendapatkan pengembalian uang di tabungan yang hilang karena uang di ATM habis setelah 14 hari dari pelaporan anda ke kantor cabang Bank tempat anda menabung. Silahkan di cek setelah 14 hari dari laporan, apakah saldo yang hilang kembali lagi ke tabungan anda atau tidak.