--> Skip to main content

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha, Paling Umum dan Gampang

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha, Paling Umum dan Gampang Dihafalkan. Selain ibadah wajib, islam juga mengajarkan kepada umatnya untuk menjalankan ibadah sunah. Jika dalam ibadah wajib ada sholat wajib 5 waktu, puasa wajib di bulan Ramadhan, membayar zakat fitrah dan melaksanakan ibadah haji. Cukup banyak amalan sunah yang bisa dijalankan untuk melengkapi ibadah wajib kita. Salah satu ibadah sunah yang dianjurkan adalah sholat duha.

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari melaksanakan sholat duha. Selain mengamalkan ajaran islam juga mendapatkan keutamaan akan dilapangkan rezekinya oleh Alloh. Disamping itu dengan melaksanakan sholat dhuha, berarti telah bersedekah terhadap seluruh persendian yang ada di tubuh kita.

Waktu Sholat Dhuha

Sholat duha adalah sholat sunah yang dilaksanakan dari matahari mulai naik kira dengan panjang bayangan hingga 1 tombak. Bayangan satu tombak maksudnya misalkan anda mengukur bayangan dengan sebuah batang kayu. Diukur panjang bayangan batang kayu tersebut, apakah sudah minimal satu tombak atau belum. Jika bayangan sudah satu tombak berarti sudah masuk waktu dhuha. Kira-kira 20 menit setelah waktu matahari terbit. Misal matahari terbit jam 05.51 WIB, maka waktu sholat dhuha kurang lebih jam 06.11 WIB.

Pelaksanaan waktu sholat dhuha berakhir sampai dengan menjelang waktu dhuhur. Kira-kira 15 menit menjelang sholat dhuhur. Misalkan waktu dhuhur jam 12.00 WIB, maka pelaksanaan waktu sholat dhuha berakhir jam 11.45 WIB. Karena dikhawatirkan akan ada tanduk setan sebagai hadist nabi yang menyatakan dua tanduk setan datang setiap hari 3 kali yaitu di waktu pagi, siang dan selepas sholat ashar.

Bacaan Doa Sholat Dhuha Paling Mudah

Sholat dhuha dilaksanakan sebanyak minimal 2 rokaat. Jika mau lebih banyak juga diperbolehkan tapi dengan kaidah 2 rokaat salam, 2 rokaat salam. Bacaan Surat Pendek yang dianjurkan dalam sholat dhuha yaitu Surat Asy Syams pada rokaat pertama, kemudian pada rokaat kedua membaca surat Ad Duha setelah surat al fatihah. Ada juga yang mengatakan dengan rokaat pertama membaca surat Al Kafirun dan pada rokaat kedua membaca surat Al Ikhlas.

Bacaan doa setelah sholat dhuha sangat mudah dan tergolong bacaan doa yang pendek dan mudah sekali dihafal. Berikut Doa Sholat Dhuha paling masyhur dengan bahasa arab:
bacaan doa sholat dhuha bahasa arab lengkap

BACAAN SHOLAT DHUHA LATIN:
“Allahumma innadduhaaa aduhaa uka| walbahaa abahaa uka | waljamaa la jamaa luka | walquwwata quwwatuka | walqudrota qudratuka | walngismata ngismatuka|
Allohumma ingkaana rizqi fissamaa i fa angzilhu | wa ingkaanafil ardi fa akhrijhu | wa ingkaana mungassarongfa yassirhu | wa ingkaana haroomangfatohhirhu | wa ingkaana bangiidang faqorribhu | bikhaqqi duhaa ika wa bahaa ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratik, aatinii maa aataita ngibaadakash sholihiin."


Semoga dengan selalu mendawamkan sholat dhuha, gusti Alloh yang Maha Agung akan selalu memberikan kelapangan kepada kita dalam segala hal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar