--> Skip to main content

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Dengan Teks Arab Latin dan Artinya

Membaca doa sebelum dan sesudah belajar menjadi hal yang semestinya selalu dilakukan oleh siapapun yang sedang mendalami ilmu. Apalagi dalam ajaran Islam, menuntut ilmu hukumnya adalah wajib sehingga tuntutan untuk berdoa sangat dianjurkan tatkala kita sedang belajar agar apapun materi yang kita pelajari mendapatkan manfaat nantinya dan mendapatkan keberkahan dari Alloh. 

Sebagaimana sebuah hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwiyatkan oleh Al Baihaqi yang berbunyi:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Arti dari hadist tersebut kurang lebih Menuntut Ilmu wajib bagi setiap muslim. Muslim disini bukan mengikat pada muslim laki-laki saja, tapi juga kaum muslim perempuan atau muslimat. Sehingga dalam redaksi lain ada tambahan kata "walmuslimatin".

Karena pentingya belajar sebagai bagian dari proses menuntut ilmu, kanjeng Nabi Muhammad SAW telah membekali umatnya dengan banyak sekali doa dalam belajar seperti yang akan kami berikan dalam artikel ini beberapa. Bukan tidak mungkin, dengan hadirnya doa dalam proses belajar, Alloh memberikan kemuliaan dan keberkahan sehingga apa yang kita pelajari bermanfaat di masa yang akan datang.

Baca juga: Redaksi Teks Bacaan Doa Naik Kendaraan

Doa Sebelum Belajar 1

Doa Sebelum Belajar Teks Arab Latin dan Arti

Teks doa sebelum belajar dengan bahasa arab, latin dan arti diatas sudah sangat familiar di dengar dan di panjatkan. Namun kalau tidak diamalkan juga akan percuma. Segera amalkan, karena doa tersebut sangat bermanfaat dan memiliki arti yang sangat mendalam. Dimulai dari pengakuan dan keridloan bahwa Alloh adalah Rab kita, pengakuan tentang keislaman kita dan nabi kita yang agung Nabi Muhammad SAW. Kemudian diakhiri dengan permohonan tambahan ilmu dan pengertian yang baik.

Mungkin ada yang mengatakan kalau doa belajar di atas, adalah doa belajar untuk anak SD atau SMP saja. Itu salah besar, karena doa diatas bisa dipanjatkan untuk siapapun tanpa memandang umur.

Doa Sebelum Belajar 2

Doa sebelum belajar robbi zidni ilma

Doa sebelum belajar lainnya yaitu robbi zidni ilma warzukni fahma waj'alni minassholihin. Sebagaimana teks doa belajar diatas, sangatlah singkat dan pasti sangat mudah untuk dihafal. 

Doa Sebelum Belajar 3

bacaan doa belajar lengkap dari ayat alquran
Doa sebelum belajar atau mengaji biasanya dulu kami mebaca doa diatas. Doa yang diambil dari ayat Alquran Surat Al Araf ayat 171. Hanya satu ayat tapi sangat mudah dihafal dan memberikan motivasi tersendiri ketika membaca doa diatas bersama-sama.

Doa Sebelum Belajar Mengaji

teks doa sebelum belajar mengaji
Agar mengaji lebih mudah paham dan hafal, maka bacalah doa sebelum mengaji diatas. 

Doa Setelah Belajar

Bacaan doa setelah belajar paling mudah adalah dengan mungucapkan "ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN" yang artinya segala puji bagi Alloh seru sekalian alam.

Doa lainnya dengan membaca :

Doa Sesudah belajar secara islam
Jika kita membaca doa sebelum dan sesudah belajar serta melakukan proses belajar dengan sungguh, insya Alloh, Alloh akan memberikan hasil sesuai dengan yang kita inginkan, bahkan bisa melebihinya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar