--> Skip to main content

Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Agar Selamat Tidak Kecelakaan

Inilah doa naik kendaraan, yang terdiri dari bacaan doa naik kendaraan arab dan bacaan doa naik kendaraan latin serta arti doa naik kendaraan.

Suatu keniscayaan sebagai seorang manusia yang rutin melakukan aktivitas keseharian. Bepergian adalah hal yang lumrah dilakukan setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan. Pergi menggunakan kendaraan darat, laut maupun udara menjadi sarana yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan. Islam memberikan panduan berharga kepada kaum muslimin ketika bepergian. Dengan membaca doa naik kendaraan darat, laut dan udara, memberikan kaum muslim ketergantungan terhadap kehadiran Alloh SWT dalam setiap aktivitas kehidupannya.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Latin dan Arab

Membaca doa naik kendaraan Darat tidak tertentu untuk mobil atau bis atau kendaraan roda 4 lainnya. Anda yang akan bepergian dengan menggunakan motor atau bahan sepeda ontel, juga sangat dianjurkan untuk membaca doa ini agar selamat sampai tujuan. Meskipun jarak yang anda tempuh yang relatif pendek, tidak ada salah sebelum memacu kendaraan, anda terlebih dahulu melafalkan dzikir dan doa selamat di kendaraan.

Begitupun ketika anda bepergian menggunakan kapal laut untuk pergi ke pulau lain, saat akan pergi sangat dianjurkan untuk membaca doa naik kapal sehingga perjalanan anda dilindungi oleh Alloh SWT. Begitu pula jika kendaraan yang akan anda naiki adalah pesawat, meskipun menurut penelitian menggunakan pesawat memiliki kemungkinan paling kecil untuk terjadi kecelakaan, tetap kami anjurkan untuk membaca doa naik kendaraan ini.

Berbagai dzikir juga layak dilantunkan selama dalam perjalanan agar hati dan pikiran selalu ingat kepada Alloh. Seperti dengan membaca istighfar maupun dengan membawa sholawat nabi.

Bacaan Doa Naik Kendaraan Baik Darat, Laut dan Udara

Bacaan Doa 1
Lafal Doa Naik Kendaraan Darat Paling Mudah adalah dengan membaca "BISMILLAH" atau "BISMILLAHIRROHMANIRROKHIM". Meskipun hanya dengan lafal bismillah yang sangat sederhana, namun memiliki arti yang sangat mendalam. Karena segala aktivitas kita dimulai dengan asma atau menyebut nama Alloh. Dengan begitu setiap aktivitas kita akan disertai oleh Alloh.
Tulisan Bismillah dalam bahasa arab.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Bacaan Doa 2
Selain membaca basmallah, saat sudah naik kendaraan dan duduk dianjurkan untuk membaca hamdalah yaitu ucapan "ALHAMDULILLAH". Sebagaimana yang dilakukan oleh kanjeng Nabi Muhammad SAW, membaca bacaan hamdalah setelah duduk tegak di onta yang akan dikendarai.

اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْ

Bacaan Doa 3
Doa Naik Kendaraan Darat Paling Mudah lainnya yaitu dengan Membaca:

"BISMILLAH HI TAWAKKALTU 'ALALLOHILAHAULAWALA QUWWATA ILLA BILLAH"

Doa dalam Bahasa Arab

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ
Arti dari Doa Ini adalah:
“Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan upaya kecuali dengan Allah.”
Bacaan Doa 4

Bacaan doa naik kendaraan darat laut udara

Doa di atas adalah doa yang sangat umum dibaca oleh umat islam yang akan bepergian, tidak peduli bepergian menggunakan kendaraan darat, laut maupun udara.

Bacaan Doa 5
Untuk bacaan doa yang kelima adalah doa naik kendaraan lengkap yang lebih panjang dari doa nomor 1 sampai 4. Biasanya kalau kami membaca ketika naik pesawat. Berikut bacaan doa naik kendaraan secara lengkap menggunakan bahasa arab.
doa naik kendaraan darat laut dan udara secara lengkap
Meskipun kendaraan yang kita tumpangi adalah kendaraan terbaru dengan teknologi tercanggih sekalipun, tidak menjamin kalau perjalanan yang akan kita lalui menjadi perjalan paling aman dan akan selamat. Untuk itu mendawamkan membaca doa naik kendaraan apapun ketika akan melangsungkan perjalanan menjadi hal yang sangat penting, agar Alloh selalu berada di depan kita dan membimbing kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar