--> Skip to main content

Hafalan Doa Sholat Tarawih untuk Mulai Puasa Tahun 2020

Hafalan Doa Sholat Tarawih untuk Mulai Puasa Tahun 2020. Siapa yang rajin sholat tarawih? Kalau hari pertama sholat tarawih biasanya masjid dan mushola akan dipenuhi oleh umat islam yang ingin melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah. Namun untuk puasa tahun 2020 ini sepertinya ada perbedaan dengan puasa tahun-tahun sebelumnya. Karena pemerintah melalui MUI telah menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan segala aktivitas ibadah di dalam rumah. Hal ini untuk menghindari terjadi kerumunan banyak orang sehingga risiko untuk tertular penyakit yang sekarang sedang melanda negeri ini menjadi lebih terminimalisir. 

Tentu kita sebagai muslim yang baik, harus mematuhi himbauan dari pemerintah agar melaksanakan ibadah di rumah, termasuk dalam pelaksanaan sholat tarawih. Karena kita tahu sendiri, sholat tarawih termasuk ke dalam sunah. Ibadah sunah, jika dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak mendapat dosa. Memang sholat tarawih dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah, namun kondisi sekarang tidaklah memungkinkan dilaksanakan sholat tarawih di masjid/ mushola dengan berjamaah. Sehingga umat islam melaksanakan sholat tarawih di rumah saja.

Bacaan Doa Sholat Tarawih

Kalau melaksanakan sholat tarawih dimasjid, mungkin kita tinggal ikuti saja imam sholat tarawih. Apa yang menjadi bacaan sholatnya, kita hanya ikuti saja termasuk jika imam membaca doa sholat tarawih, kita ikuti saja. Biasanya kalau dii masjid atau mushola, doa sholat tarawih dibaca oleh bilal yang memandu jalannya sholat tarawih. Namun karena kita melaksanakannya dirumah dan kalau tidak membaca dan melafalkan doa doa pada sholat tarawih, bisa saja kita tidak bisa membacanya. 
Baca juga : Baca Sholat Doa Setelah Sholat Duha yang Paling Umum
Doa sholat tarawih biasanya dibaca setelah kita melaksanakan seluruh rangkaian sholat tarawih. Misalkan kalau anda melaksanakan sholat tawarih sebanyak 20 rokaat. Maka, doa sholat tarawih akan dibaca setelah menyelesaikan rokaat yang ke 20 sholat tarawih. Kalau anda melaksanakan sholat tarawih sebanyak 8 rokaat, anda bisa memabca doa tarawih setelah rokaat yang ke 8.

Berikut adalah bacaan doa sholat tarawih dalam tulisan arab yang umum dibaca pada saat pelaksanaan sholat tarawih.

bacaan doa sholat tarawih paling umum
bacaan doa sholat tarawih mudah dihafal

Bacaan dalam tulisan latin:
Allohummajngalnaa bil iimaanikaamilin. Walifaroo idika muaddin. Wangalassolawaatimuhafidhin. Walizzakaatifaangilin. Walimaangindakatoolibin. walingafwikaroojin. Wabilhuda mutamasikin. Wanganillaghwimu'ridin. Wafiddun ya jaa hidin. wafil aakhiroti rooghibiin. Wabil qodoo iroodhin. Wabinna'maa isyaakirin. Wangalal balaa i shoobirin. Watahtaliwaa i sayyidinaa muhammad sollallohungalaihiwasalam yau mal kiyamati saa irin. wangalalkhaudi waaridin. wafil jannati daakhilin. Wangalal sarirotil karomati qongidin. Wabikhurin ngin mutazawwijin. Wamin sundusin waistabrokin wadibajin mutalabisin. Wamintongaa mil jannati  aakilin. Waminlabanin wangasalin musoffina syaa ribin. Bi akwaa biwwa aba riiqo waka'sin min mangin. Mangalladzi na an ngamta ngalaihim minannabiyyinawassiddiqii. Wassyuhada iwasshoolihiin. Wahasuna ula ika rofiiqoo. Dzaalikal fadluminallohi wakafaa billaahi ngaliimaa. Walhamdulillah hirobbil ngalamin. 

Doa diatas adalah doa setelah sholat tarawih yang paling umum dan sesuai dengan bacaan doa yang diberikan oleh Kementerian Agama RI. Cukup pendek dan bisa dengan mudah dihafalkan. Silahkan bisa dipraktekkan mulai nanti malam saat sholat tarawih bersama keluarga. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar