--> Skip to main content

Cara mengatasi Kutu Rambut dan Kepala Yang Bikin Gatal

Rasa gatal memang sangst mengganggu apalagi jika terjadi di kepala pasti sangat tidak mengenakan. Bagi anda yang pernah mengalaminya, mungkin tidak ingin kejadian serupa terjadi lagi pada anda. Mungkin dari anda ada yang pernah mengalami gatal di kepala yang disebabkan oleh kutu rambut atau kutu kepala? Sangat mengganggu sekali bukan? Rasa gatal yang disebabkan oleh kutu rambut seakan tidak bisa dihentikan. Satu sisi digaruk, sisi yang lain mulai terasa gatal lagi, ditambah lagi dengan seakan ada yang berjalan-jalan di atas kepala, menggelitik tapi sulit sekali ditemukan apa gerangan yang berjalan di atas kepala.

Itulah kutu rambut, makhluk yang sangat kecil sangat lihai sembunyi di sela sela rambut. Ternyata bukan hanya kutunya yang menyebabkan gatal di kepala, telur kutu yang menempel di rambut juga benar-benar membuat kepala menjadi gatal. Telur kutu rambut menempel kuat di rambut dan pada salah satu ujungnya
cara mengatasi kutu rambut

Kutu rambut mudah sekali menyebar, satu orang terkena kutu rambut, sangat mudah bagi orang lain di sekitarnya untuk terkena kutu rambut. Apalagi jika orang yang terkena kutu rambut itu sering beraktivitas di sekitar orang itu. Melalui telur yang jatuh ke kasur kemudian menempel pada rambut orang lain lalu telur menetas di kepala orang lain. Kutu rambut atau kepala menjadi dewasa hanya dalam waktu 7 hari dan setelah 7 hari dapat berkembang biak dengan bertelur dimana sekali bertelur dapat mencapai puluhan.

Kutu rambut yang ada pada manusia hanya dapat hidup pada manusia, selain manusia kutu rambut tidak dapat hidup. Kutu rambut memiliki nama latin Pediculus humanus capitis

Lantas bagaimana cara mengatasi kutu rambut atau kepala yang membuat gatal seluruh kepala? Mari kita simak ulasannya berikut Ini.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Petan

Seperti pada masyarakat kebanyakan, mereka akan saling memeriksa satu per satu rambutnya kepalanya apakah ada kutu rambut bersarang di kepala atau tidak? Selain itu dengan petan akan dengan mudah menemukan telur telur kutu rambut yang disebut dengan lingsa. Karena menempel kuat pada rambut, telur kutu rambut akan diambil dengan mengurut hingga ke ujung rambut. Kemudian langsung di pecahkan telurnya agar tidak menempel pada orang lain. Karena bentuknya yang kecil dan ringan, telur kutu rambut mudah sekali terbang dan menempel.
Baca juga: Efek Buruk Minum Kopi

Bersisir dengan sisir khusus

Kalau anda menderita kutu rambut, ada satu alat khusus untuk bersisir dengan tujuan agar kutu rambut terbawa oleh sisir tersebut. Sisir khusus kutu rambut disebut dengan sisir serit yang memiliki sisi sisi yang sangat rapat sehingga sekecil apapun sesuatu menempel di rambut atau kepala akan terbawa oleh serit. Namun dengan menggunakan serit tidak efektif untuk menghilangkan telur kutu rambut, sehingga perlu cara manual untuk menghilangkan telur kutu rambut

Kapur barus

Kapur barus biasa digunakan untuk mengatasi barang dari serangga penghancur sperti kecoa dan rayap. BAju, buku, kertas akan awet jika ditaburi disekitarnya dengna kapur barus. Nah untuk mengatasi kutu rambut/ kepala bisa dengan menggunakan kapur barus yang dihaluskan kemudian di oleh kan pada rambut. Biarkan beberapa menit kemudian rambut dibilas dengan shampoo.

Cukur hingga gundul

Cara terakhir apabila kutu rambut tetap menempel pada rambut adalah dengan mencukur rambut hingga benar benar bersih tanpa rambut. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Kutu rambut hilang seketika tanpa sisa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar