--> Skip to main content

Buku Tabungan BTN Hilang, Ini Syarat dan Cara Mengurus Paling Mudah

Bagaimana mengatasi buku tabungan BTN hilang? Meskipun ATM ada dan bisa digunakan, kalau buku tabungan hilang baik itu buku tabungan BTN, BRI, Mandiri, BCA, BNI, Bank Mega dan bank lainnya, ada baiknya anda tidak tinggal diam. Anda harus segera melakukan tindakan. Karena buku tabungan adalah hal yang sangat penting dan krusial. Jika sampai buku tabungan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bisa jadi buku tabungan anda menjadi berbahaya begitupun dengan isi uang yang ada dalam tabungan anda.
Bagaimana jika buku tabungan BTN hilang, Cara Mengurus dan Syarat

Untuk itu apabila anda tahu kalau buku tabungan anda tidak diketahui rimbanya alias hilang, maka sangat penting bagi anda untuk mengurus buku tabungan hilang. Cara paling mudah untuk mendapatkan kembali buku tabungan hilang adalah dengan mendatangi kantor cabang bank. Kalau buku tabungan BTN, sebaiknya ke kantor cabang BTN terdekat.
Baca juga: ATM BRI Masa Berlaku Habis, Bagaimana Mengatasinya

Syarat Mengurus Buku Tabungan Hilang

1. Nomor Rekening

Jika anda tidak mengetahui dimana keberadaan buku tabungan anda, sebaiknya anda segera mencarinya semaksimal mungkin. Jika tidak bisa juga, anda harus ingat-ingat berapa nomor rekengingnya berapa. Atau kalau anda punya foto buku itu malah lebih bagus lagi.
Baca juga: Cara Aman Bertransaksi Lewat ATM

2.  KTP

Kartu Tanda Penduduk adalah identitas utama yang biasa digunakan untuk mendaftar atau membuka rekening baru. Begitupun jika terjadi masalah pada buku tabungan, seperti buku tabungan yang hilang maupun kartu ATM yang hilang atau tertelan mesin ATM. Jika tidak terdapat KTP, beberapa bank masih mentolerir penggunaan SIM atau passport. Untuk identitas selain KTP, ada baiknya konfirmasi terlebih dahulu ke pihak bank.
Baca juga: Cara Isi Pulsa Handphone di ATM

3. Keterangan Hilang dari Polisi

Sebagai bukti legal yang menyatakan kalau buku tabungan hilang adalah surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian Republik Indonesia. Jangan menunda-nunda untuk membuat surat kehilangan dari Kantor Polisi terdekat. Karena tanpa surat keterangan hilang ini, proses mengurus buku tabungan hilang tidak dapat dilakukan.
Baca juga: Cara Mempercepat Pelunasan KPR BTN

4. Materai

Biasanya anda akan diminta untuk mengisi formulir tertentu di bank dan ada pernyataan yang membutuhkan materai yang ditanda-tangani.

Cara Mengurus Buku Tabungan BTN Hilang

Selanjutnya setelah persyaratan diperoleh, anda bisa menuju kantor cabang bank BTN terdekat. Biasanya akan dilayani oleh customer service bukan di teller. Ambil nomor antrian di bank untuk mendapatkan pelayanan di customer service. Waktu yang dibutuhkan untuk pengurusan buku tabungan hilang biasanya sekitar 30 menit jika berkas lengkap dan tidak ada kendala teknis.

Pengalaman kami ketika akan mengganti buku tabungan BTN baru dengan rekening BTN yang lama karena buku tabungan lama hilang, ternyata tidak bisa. Sehingga kita diminta membuat pernyataan penutupan buku tabungan lama dan membuka buku tabungan baru.

Setelah rekening baru dibuat, maka sisa saldo yang ada direkening lama akan dipindahkan ke rekening baru. Kalau rekening BTN anda terdapat kredit KPR Perumahan, maka akan dibuat juga rekening kredit BTN KPR yang baru. Sementara sisa kredit utang akan dilimpahkan ke rekening yang baru.

Cukup mudah dan tidak ribet sama sekali dalam pengurusan buku Tabungan BTN yang hilang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar