--> Skip to main content

10 Kisah Orang Terkaya Dunia Terkenal Yang Awalnya Miskin, Ada 2 Dari Indonesia

Kekayaan adalah anugerah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Setiap orang telah diberikan rizkinya sesuai dengan porsinya masing-masing. Banyak sekali kisah orang-orang yang awalnya miskin kemudian berubah menjadi orang kaya raya berada bahkan hingga menjadi miliarder dunia. Orang pun banyak yang tidak menyangka, awalnya orang miskin papa tanpa punya apa-apa dan setiap orang meremehkan, memandang rendah dia bahkan tidak ada yang menganggapnya ada. Namun bulan berganti bulan, tahun berganti tahun orang tersebut berubah menjadi kaya raya, hingga akhirnya semua orang menganggap mengenal dia.

Memang kekayaan dan kemiskinan adalah sesuatu yang sangat bertolak belakang. Kekayaan menjadi sesuatu hal yang sangat diidamkan oleh setiap orang, sementara kemiskinan menjadi hal yang paling ditakuti keadaannya oleh semua orang. Kadang kita sering dikejutkan mendengar dan melihat masa lalu seorang kaya raya yang ternyata dulunya adalah orang miskin yang tidak punya apa. Tapi, itulah kehidupan suatu saat ada dijurang paling bawah, namun lambat laun bisa berada dipuncak kejayaan.
Semua itu bergantung pada usaha, perjuangan dan doa masing-masing kita. Berikut adalah beberapa kisah kaya raya yang dulunya miskin tanpa punya apa-apa.

1. Jack Ma

Pertama seorang pengusaha kaya asal negeri tirai bambu yaitu Mr. Jack Ma. Siapa yang tidak mengenal Jack Ma, pendiri raksasa teknologi AliBaba. Ali Baba adalah market place terbesar di China. Meskipun sebelum berdirinya Alibaba, telah ada Amazon dan Ebay, ternyata kehadiran Alibaba dibawah tangan dingin Jack Ma, mampu menjadi pesaing yang paling disegani oleh keduanya E Commerce pendahulunya. Tahu tidak berapa kekayaan Jack Ma sekarang? kekayaannya mencapai US$36,6 miliar atau setara Rp541 triliun.
masa kecil jack ma pendiri alibaba miskin jadi kaya raya

Dengan kegigihannya mampu mensejajarkan dirinya dengan orang-orang terkaya didunia hingga masuk dalam majalah forbes. Melihat masa kecilnya, Jack Ma adalah seorang yang lahir dari keluarga miskin. Ayahnya hanyalah pemain teater tradisional dengan penghasilan yang tidak seberapa. Penderitaan adalah hal yang biasa bagi Jack Ma. Makanya meskin pernah 33 kali orang menolak lamaran kerjanya, dia tidak pernah patah semangat sekalipun.

2. Oprah Wenfrey

Meskipun saat ini menjadi presenter paling handal di Amerika Serikta dan pernah beberapa kali terlibat dalam film layar lebar, Oprah Wenfrey tetaplah Oprah yang dulu, selalu tampil sederhana dan peduli pada sesama. Oprah Wenfrey adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan diperkirakan mencapai Rp 40 triliun. Meskipun begitu, mungkin orang tidak akan menyangka jika dulunya Oprah pernah merasakan penderitaan kemiskinan.
Baca juga: Segera Taubat, Jangan Ditunda
Masa kecilnya dia diasuh oleh sang nenek. Saat itu keadaan sangat sulit dan buruk, bagaimana tidak, dia hanya sanggup mengenakan pakaian dari bahan karung kentang. Dan itu adalah satu-satu pakaian yang dimiliknya. Jika orang lain mungkin sudah pasrah dengan keadaannya, Oprah tidak, dia menyadari hanya semangatlah yang bisa merubahnya. Dia berjuang dan bersemangat untuk meraih semua kesuksesan.
Oprah Wenfrey

Beruntung ayahnya masih ada dan memasukannya ke sekolah agar dia lebih stabil dan fokus. Hingga akhirnya pada suatu saat Oprah mendapatkan beasiswa dari Tennessee State University. Inilah titik awal kesuksesan Oprah, dimana dia mulai mendapatkan pekerjaan di Acara A.M. Chicago sebagai presenter. Hingga terus berlanjut sampai Oprah punya program acara sendiri di televisi yaitu the oprah Winfrey.

3 Kolonel Harland Sanders

Bagi penyuka makanan cepat saji KFC atau kentucky fried chicken, mungkin tidak tahu siapa sebenarnya pencipta makanan terkenal tersebut. Pencipta KFC adalah kolonel Sanders yang merupakan pensiunan tentara. Kolonel Sanders menjadi bukti, meskipun telah tua dan berusia senja bukan menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan. Resep andalannya menjadi terkenal setelah dia berumur 75 tahun. Namun perjuangan untuk meraih kesuksesan ternyata harus dilewati bertahun-tahun dan setelah melewati masa-masa suli.
colonel sanders pencipta kfc

Masa kecil Kolonel Harland Sanders adalah seorang yang hidup dalam keluarga miskin. Bayangkan saja, diumur 10 tahun saja, dia terpaksa harus bekerja untuk membantu keluarganya meskipun penghasilan perhari hanya $2 saja. Beberapa kali berganti pekerjaan diusia yang sangat muda seperti saat usia 13 tahun menjadi tukang cat dan usia ke 14 mulai kerja di peternakan di Indiana Selatan.

Saat paling mendebarkan adalah ketika berumur 16 tahun rela memalsukan usia agar bisa diterima menjadi tentara. Saat itu dia diterima dan ditugaskan ke Kuba. Setelah pensiun sebagai tentara, dia masih harus melanjutkan hidup dan terus menerus mencari dan berusaha menemukan pekerjaan baru.

Dari hasil jerih payahnya, dia berhasil menemukan resep untuk menggoreng ayam dengan rasa dan bentuk yang sangat enak dan unik, berbeda dari ayam goreng biasanya pada saat itu. Dia tawarkan ke ratusan restoran akan mau menggunakan resep miliknya, ternyata selalu ditolak. Hingga akhirnya ada satu orang yang bersedia menampung resepnya dan lambat laun menjadikan ayam goreng menggunakan resep nya menjadi waralaba yang menguntungkan.

4. J.K Rowling

Harry Potter adalah kisah yang sangat fenomenal dan menjadi dongeng imajinasi anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun. Baik dalam bentuk buku maupun film, Harry Potter menjadi hiburan yang selalu dikenang bukan hanya oleh orang Amerika saja, namun juga oleh jutaan orang didunia.
orang terkaya di dunia dulunya miskin

Harry Potter saat pertama kali muncul dalam bentuk buku, bukanlah diciptakan oleh pengarang buku terkenal saat itu. Namun hanya karangan cerita fiksi oleh J.K. Rowling. Menulis dan mengarang menjadi bagian terindah dari hidup J.K. Rowling, namun agar tulisannya diterima oleh banyak orang merupakan hal yang tidak mudah. Butuh waktu 7 tahun perjuangannya agar cerita Harry Potter sebagai buah tulisannya menjadi diterima oleh penerbit.

Perjuangan memang sepadan dengan hasilnya, perjuangan keras J.K. Rowling berhasil meledakan Buku Harry Rowling menjadi buku paling laris dan terkenal di dunia. Bahkan setiap seri ceritanya selalu dibuat film. Film Harry Potter pun menjadi film yang sangat terkenal dan beberapa kali meraih penghargaan.

Sejak kesuksesannya didaptkan, semua orang mulai tahu, ternyata kehidupan awal J.K. Rowling tidaklah mulus seperti orang kebanyakan. Dia harus diterpa kesedihan mendalam akibat perceraian dengan suaminya. Kesulitan keuangan pernah dialaminya juga pekerjaan yang berganti-ganti. Namun sejak fokus dalam menulis, dia tidak pernah bergeming.

5. Jan Koum

Saat ini whatsapp benar-benar telah merubah dunia. Aplikasi pesan singkat yang bertahun-tahun digunakan secara gratis oleh jutaan orang didunia ternyata diciptakan oleh seorang imigran asal Ukraina yang pindah ke Amerika. Pengalaman hidupnya pernah bekerja menjadi tukang bersih-bersih, mungkin kalau di Indonesia seorang Cleaning Service membuatnya tidak menjadi orang yang minder, malah menjadi orang yang kuat. Bahkan ketika masa SMA, nyaris dikeluarkan karena kekurangan finansial.

Jan Koum menjadi pencipta Whatsapp bersama dengan co foundernya Brian Acton. Mungkin ada yang tahu berapa kekayaan Jan Koum? Meskipun kepemilikan telah diambil oleh Mark Zuckerberg, namun Koum sebagai founder Whatsapp tetap memiliki saham whatsapp 45% atau sekitar 7 millar dollar dan di 2019 ini diperkirakan sekitar 10 miliar dollar.

6. Chairul Tanjung

Ayahnya seorang wartawan dan pernah punya koran terbitan sendiri namun beroplah kecil. Usaha ayahnya akhirnya ditutup paksa pemerintahan orde baru dikarenakan perbedaan pikiran politik pada masa itu. Hal itu tentu saja berimbas pada ekonomi keluarga chairul tanjung. Kesulitan uang dan ekonomi pernah dialami keluarganya. Tapi keadaan keluarga yang demikian, tidak memupuskan semangat chairul tanjung untuk melanjutkan pendidikan. Tidak tanggung-tanggung, pada masa itu, dia diterima di fakultas kedokteran Universitas Indonesia jurusan kedokteran gigi. Biaya yang tinggi di fakultas kedokteran membuatnya harus mencari tambahan biaya kuliah.

Meskipun mengambil pendidikan dokter dengan teman-teman kuliahnya yang rata-rata anak orang berada, dia tidak malu kuliah sambil bekerja. Jual buku kuliah, jualan kaos, tukang foto kopi dikampus semuanya pernah dijalanin demi menyambung hidup di zaman kuliah. Tapi lihatlah keadaan sekarang, Chairul Tanjung yang dulunya hidup miskin sekarang kaya raya. Memiliki banyak perusahaan termasuk stasiun televisi, mall hingga hotel.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar