--> Skip to main content

Tips Agar Nafas Kuat Saat Bermain Futsal dan Lari Tidak Ngos Ngosan

Bagaimana cara mengatur dan tips nafas kuat saat bermain futsal dan tidak ngos-ngosan meskipun berlari berkali-kali. Bermain futsal memang sangat menyenangkan, terutama buat anda yang suka dengan olahraga bola ini. Sebenarnya futsal sangat mirip dengan bermain sepakbola, sama-sama menggunakan bola kaki, ada gawang, ada penjaga gawang, ada gol untuk menentukan pemenang, ada kartu, ada penalti dan tendangan bebas, sepak pojok. Perbedaan antara futsal dan sepakbola paling mencolok pada ukuran lapangan, kalau sepakbola besar, futsal lebih kecil. Futsal dimainkan oleh 5 orang, sementara sepakbola oleh 11 orang.

Meskipun futsal memiliki ukuran lapangan yang lebih kecil dibandingkan dengan sepakbola, ternyata futsal membutuhkan nafas dan energi yang lebih kuat. Kalau sepakbola, seorang pemain masih bisa berjalan-jalan dan tidak sering berlari, kalau futsal sangat sering lari dari ujung gawang sendiri ke ujung gawang lawan. Karena hal ini lah pemain futsal harus memiliki nafas yang kuat agar tidak mudah kehabisan nafas. Begitupun dengan stamina, futsal membutuhkan stamina agar bisa tampil prima dilapangan.
tips agar nafas kuat saat main futsal dan bola

Ada yang bilang skill dan teknik pemain sepakbola maupun futsal sangat diperlukan agar dapat menguasai permainan. Namun kalau bermain futsal atau sepakbola hanya mengandalkan skill dan teknik saja tanpa memperdulikan fisik seperti halnya kekuatan nafas dan body balance, pasti tim anda akan menjadi bulan-bulanan tim lawan.
Baca juga: Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Pisang
Jadi harus menghitung-hitung dulu, kalau saat ini fisik dan nafas masih tidak kuat, baik saat berlari mengejar bola maupun saat menyerang, anda perlu berlatih memperkuat nafas. Kalau saat ini belum kuat berlari panjang, sebaiknya urungkan terlebih dahulu bermain futsal karena kalau dipaksakan, bisa membahayakan tubuh bahkan jiwa anda. Karena tidak sedikit mereka yang tidak terbiasa main futsal, terus dipaksakan malah pingsan.

Untuk itu perlu sekali melakukan latihan fisik dari latihan fisik ringan, sedang hingga berat untuk memperkuat stamina dan nafas. Disamping latihan fisik, juga perlu dibarengi dengan asupan makanan agar stamina kuat seperti telur, daging, buah-buahan, ikan dan lain-lain. Sementara makanan agar nafas kuat saat main futsal maupun sepak bola sampai saat ini belum ada.

Hal Yang Harus Dihindari Agar Nafas Kuat Main Futsal

Futsal sebagai hobi maupun profesi tetap membutuhkan fisik, stamina dan nafas yang kuat agar bisa terus berlari agar menang di setiap pertandingan. Ada hal-hal yang bisa menyebabkan nafas jadi ngos-ngosan saat berlari.

Merokok

Hindari merokok, karena merokok akan membuat anda menjadi pendek nafasnya. Disamping itu merokok akan menggerogoti paru-paru. Semakin lama anda merokok, maka paru-paru semakin tertutup zat-zat berbahaya. Meskipun ada yang bilang ada minuman yang bisa memperkuat nafas dan membersihkan paru-paru. Menurut kami belum tentu benar informasi tersebut. Hal yang paling tepat menurut kami adalah berhenti merokok agar nafas menjadi lebih kuat saat berlari.
baca juga: Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Begadang

Begadang memang sangat menyenangkan, apalagi dilakukan dengan orang-orang terdekat kita. Namun efek begadang paling terasa adalah penurunan kekuatan fisik. Begitupun dengan nafas menjadi tidak kuat.

Cara dan Tips Agar Nafas Kuat Saat Bermain Futsal

Latihan Lari

Secara kesuluruhan, futsal merupakan olahraga lari kecuali bagi yang berposisi sebagai kiper/ penjaga gawang, lari hanya dilakukan sesekali. Oleh karena tips pertama agar nafas kuat saat futsal, harus sering-sering latihan lari. Lari menjadi latihan yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena lari tidak membutuhkan peralatan yang banyak dan murah meriah. Apalagi lari bisa dilakukan dimana saja, di jalanan perumahan, di jalan lingkungan kantor, di lapangan dan tempat lain yang representatif untuk lari.
cara agar stamina dan nafas kuat saat futsal

Lari bisa dilakukan di waktu pagi, menjelang siang, siang hari, sore hari bahkan di malam hari. Agar nafas kuat, lari tidak dilakukan spontan langsung lama tapi bertahap.

Pertama lakukan lari pelan-pelan selama 10 menit. Jika lari selama sepuluh menit dengan langkah pelan, maka tambah waktunya menjadi 20 menit atau 30 menit. Jika sudah kuat, tambah terus waktunya hingga 1 jam atau bahkan lebih. Durasi waktu ini menandakan seberapa lama fisik dan nafas anda bertahan untuk berlari. Semakin lama durasi waktu maka ketahanan tubuh berarti semakin kuat.

Jika lari pelan pelan sudah dilakukan dan sudah mendapatkan hasilnya, selanjutnya lakukan lari dengan menambah kecepatannya. Lakukan secara bertahap dan waktunya juga bertahap agar tubuh bisa beradaptasi dan menyesuaikan.

Hal yang paling penting dalam latihan lari ini adalah anda harus bersabar meskipun untuk mendapatkan hasilnya yaitu nafas kuat untuk lari saat main futsal butuh waktu agak lama. Konsisten latihan dan diiringi dengan makanan yang bergizi.

Latihan Renang

Tips agar nafas kuat saat futsal atau main bola palig efektif menurut kami adalah renang. Renang adalah olahraga air yang sangat menyenangkan. Kalau lari dirasa tidak menyenangkan dan kurang greget, maka bisa diganti dengan renang. Hanya saja kalau renang tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, paling tepat ya di kolam renang, sementara berenang di kolam renang perlu biaya, sehingga anda harus mengeluarkan biaya untuk berenang. Kecuali kalau ditempat anda masih ada sungai yang bersih dan aman untuk berenang.
renang agar nafas kuat

Berenang akan memaksa anda untuk dapat mengatur nafas dengan teratur agar tidak tenggelam di tengah kolam. Secara tidak langsung dengan berenang nafas anda lambat laun akan semakin kuat Bagi anda yang sudah lama tidak berenang, sebaiknya pemanasan dulu sebelum berenang. Lemaskan otot-otot, mulai dari kepala, leher, tangan, perut hingga ujung kaki. Pemanasan dilakukan agar saat berenang tidak terjadi kram. Ketika pertama kali masuk kolam renang, kenali dulu keadaan air, suhu air, dinginnya air dan kedalamannya. Mulai lah berenang, pelan-pelan saja. Mulailah mencoba renang dari satu ujung ke ujung lain di kolam renang. Tips renang ini agar nafas anda kuat saat futsal.

Demikian informasi mengenai tips agar nafas kuat saat bermain futsal atau bola ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian yang akan bermain futsal. Kalau mau nyaman main futsal, jangan grogi karena kalau grogi pasti jadi tidak bagus mainnya meskipun punya skill mumpuni.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar