--> Skip to main content

Persiapan Psikotes Online PKN STAN, Ini Kisi Kisi Ujiannya

Beberapa waktu lalu PKN STAN mengeluarkan pengumuman resmi tentang peserta seleksi masuk PKN STAN yang lolos ujian Tertulis SPMB PKN STAN. Tahap selanjutnya bagi siapapun yang lolos ujian tertulis PKN STAN adalah Psikotes. Kabarnya tes psikologi akan dilakukan secara online. Seperti pada ujian tertulis yang digelar secara online, ternyata ujian psikotes akan dilakukan dengan psikotes. Meskipun tahap ujian psikotes secara online, namun bukan berarti tingkat kesulitannya akan berbeda dengan psikotes secara konvensional atau menggunakan alat tulis

Hal yang membedakan mungkin tidak adanya tes pauli. Apa itu tes pauli? Tes pauli atau tes menjumlahkan angka angka mulai dari angka 1 sampai angka sembilan yang disusun secara acak. Menjumlahkannya urut dari atas kebawah. Jumlah angka dari atas ke bawah adalah 50 angka. Tes Pauli dikerjakan maksimal selama 1 jam, dimana setiap 3 menit akan ada perintah untuk menggaris. Tes Pauli ini digunakan untuk menguji konsistensi para peserta. Pauli juga digunakan untuk menguji ketahanan, seberapa kuat peserta dengan tekanan dari lingkungan luar maupun dari dalam diri seseorang.

Karena ujian psikotes PKN STAN 2019 dilakukan secara online, kemungkinan besar Tes Pauli ini akan ditiadakan.

Bocoran tes psikotes online PKN STAN tidak mungkin ada diluaran, karena soal-soal psikotes online PKN STAN pasti disusun hanya pada saat itu dan tidak mungkin ada kebocoran. Panitia dan lembaga yang melakukan psikotes tes tersebut pasti memiliki kredibilitas yang tinggi. Meskipun demikian, materi psikotes online PKN STAN pasti tidak akan jauh-jauh dari materi psikotes online konvensional. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan memberikan perkiraan kisi-kisi ujian psikotes online PKN STAN tahun 2019.

Kisi Kisi Ujian Psikotes Online PKN STAN

Untuk mempersiapkan ujian psikotes online PKN STAN, jangan lupa untuk mempelajari kisi kisi ujian nya. Paling tidak dengan mempelajari materi psikotes online, kita bisa mengetahui seperti apa soal-soal ujian psikotes yang akan diujikan.  Ini kira-kiria materi ujian psikotes online PKN STAN yang kami ambil dari beberapa sumber, diantara blog: http://inshaallahbermanfaat.blogspot.com/.

Jenis test
Keterangan
Waktu
Smart CRT Verbal
Tes membaca paragraf, kemudian akan ada soal berdasarkan bacaan.
20 soal – 10 menit
Smart CRT Numerical
Tes berformat hitungan untuk menguji kemampuan hitungan dan intelegensi seseorang. Soal hitungan dalam bentuk tabel, tabel dengan angka-angka yang cukup banyak, soal diambil dari informasi dalam tabel angka.
15 soal – 13 menit
Smart CRT Technical Spatial
Tes dengan membayangkan bentuk 3D dari gambar yang dilihat dari beragam posisi. 3D adalah bangun ruang.
45 soal – 15 menit
Smart Personality
Tes tentang kepribadian, apakah peserta cenderung berjiwa pemberani, tidak mudah menyerah atau sebaliknya.
15 menit
Tes Ketelitian
Tes untuk menguji ketelitian dan kecepatan
20 menit 
Berdasarkan informasi dari sumber terpercaya yang pernah mengikuti ujian psikotes online, untuk lulusan D3 membutuhkan waktu untuk menyelesaikan psikotes online sekitar 1 jam. Kalau ujian masuk PKN STAN kan para lulusan SMA sederajat, kemungkinan soal-soal yang diberikan tidak akan lebih sulit dari para lulusan D3 tersebut.

Jadi untuk mempersiapkan ujiannya adalah dengan mempelajari soal-soal verbal, soal cerita, soal hitungan, soal personality, soal-soal tentang bangun bangun ruang, dan soal ketelitian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar