--> Skip to main content

Melakukan Puasa Ramadhan Lupa Sahur, Apa Hukumnya?

Hal yang dirasa paling berat bagi seorang yang akan menjalankan ibadah puasa ramadhan adalah melakukan sahur, kenapa demikian? Sebab, sahur dilaksanakan sekitar pukul 3 sampai dengan menjelang sholat subuh. Padahal waktu-waktu tersebut adalah saat lelap-lelapnya tidur, udara dingin dan suasana sangat sepi sehingga dorongan untuk bangun tidur itu agak sulit. 

Adakah yang pernah mengalami sampai lupa sahur? Mungkin karena alarm mati sehingga tidak bunyi atau jam dinding baterainya habis sehingga mengira masih malam atau bisa juga karena tidur terlalu malam sehingga tidak bisa bangun ketika waktu sahur. Bagaimana jika akan melakukan puasa ramadhan tapi lupa tidak melakukan sahur?
1 hukum tidak melakukan sahur

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita lihat dulu sebenarnya apa hukum melaksanakan sahur? Apakah sahur menjadi rukun puasa? Melakukan sahur merupakan sunah yang dianjurkan, karena sahur memiliki banyak keutamaan di dalamnya sebagaimana telah kami sampaikan artikel keutamaan makan sahur.

Makan sahur pun bukan termasuk rukun puasa, sehingga tidak akan mempengaruhi batal atau tidaknya puasa.

Jadi untuk anda yang lupa tidak melakukan sahur, puasa anda tetap berjalan karena tidak sahur, tidak membatalkan puasa. Hanya meninggalkan sahur berarti telah meninggalkan banyak keutamaan.  Baik keutamaan ruhani seperti dapat melakukan tahajud, berdoa di waktu terbaik dan mustajab serta keutamaan lahiriah seperti tubuh tetap kuat meskipun sedang berpuasa. Untuk itu, agar kita tidak terlewat waktu sahur, sebelumnya perlu melakukan persiapan seperti :
  1. menyetel alarm dan memastikan alarm menyala dengan setelan waktu yang kita pasang.
  2. tidur tidak terlalu malam, karena kalau tidur terlalu malam seringnya akan terlewat untuk bangun di waktu sahur.
  3. memastikan jam dinding dirumah berjalan dengan baik dan tidak mati;
  4. mengingatkan anggota keluarga lain, sekiranya ada yang bangun lebih awal dari yang lain, agar membangunkan yang lain;
  5. Menggalakan remaja di lingkungan sekitar rumah untuk membangunkan sahur warga seperti dengan bunyi kentongan atau dengan alat lain yang bisa menimbulkan suara keras.
Semoga dengan hadirnya artikel ini, kita tidak lagi lupa dan melewatkan waktu sahur yang sangat berharga.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar