--> Skip to main content

Waktu Mustajab dan Terbaik Untuk Berdoa Agar Segala Hajat Terkabul

Setiap orang punya permasalahan dan keinginan yang pastinya ingin segera dikabulkan oleh Alloh SWT. Ada yang ingin punya pekerjaan, akhirnya berusaha dengan mengirimkan lamaran ke beberapa perusahaan, namun belum juga ada panggilan untuk interview. Ada juga yang punya keinginan memiliki anak. Banyak sekali yang sudah berumah tangga bertahun-tahun, namun belum juga dikasih momongan. Ada juga yang punya keinginan untuk memiliki pasangan seumur hidup baik itu suami atau istri, namun hingga cukup berumur, belum juga menemukan pasangan hidup. Begitupun dengan pelajar, dia telah berusaha belajar juga berdoa sebelum dan sesudah belajar namun masih belum mendapat hasil terkabik. Dan masih banyak lagi permasalahan dan keinginan yang dihadapi oleh manusia sepanjang hidup.

Menjadi hal yang sangat wajar kalau manusia memiliki permasalahan, karena hal itu memang sudah digariskan oleh Alloh. Ketika suatu permasalahan satu selesai, maka akan muncul permasalahan yang lain. Meskipun manusia itu terlihat begitu sempurna, tampak selalu bahagia, tidak mungkin tidak, pasti memiliki permasalahan. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh manusia memang bukan hal yang aneh, tapi itu wajar adanya. Adanya permasalahan akan agar manusia sadar dan tahu diri bahwa ada Dzat yang memang segala sesuatu di dunia ini. Segala hal, baik yang baik atau hal yang buruk, semua ada karena adanya izin dari Alloh.

Ada Masalah dan Tidak Ada Masalah, Berdoalah

Jika anda sudah berikhtiar dengan berusaha sekuat tenaga, tapi hajat belum juga terpenuhi, mungkin anda lupa dengan satu hal, yaitu berdoa. Jangan salahkan usaha dan ikhtiar anda, namun tetap syukuri apa yang anda ikhtiarkan meskipun itu belum menemukan hasil. Mungkin Alloh sedang merencanakan hal lain yang lebih indah yang manusia masih gelap pandangan ke depan.
1 waktu terbaik untuk berdoa insya alloh dikabulkan hajat dan keinginan kita

Dan kewajiban manusia memang berdoa sebagaimana diperintahkan oleh Alloh melalui Al Quran Surat Al Mu'min ayat 60 "Berdoalah kepada-Ku, pasti akan Aku kabulkan". Ada perintah dari Alloh agar manusia berdoa kepada Nya juga ada jaminan dari Alloh pasti doa-doa yang dipanjatkan akan dikabulkan. Yakinlah pasti, apapun doanya, pasti Alloh akan mengabulkannya. Ada doa yang terkabul cepat ada juga yang membutuhkan waktu.

Makanya penting sekali memantapkan dalam hati dan perbuatan bahwa berdoa itu adalah kebutuhan manusia, bukan kebutuhan Alloh. Dan berdoa juga diperintahkan oleh Alloh. Makanya ketika ada permasalahan, dahulukan doa sebelum berusaha, kemudian jangan pernah putus berdoa dan berusaha. Kemudian berdoa terus meskipun saat itu anda merasa tidak merasa ada permasalahan yang berarti. 

Waktu Terbaik Untuk Berdoa

Setahun ada 365 hari dan terbagi menjadi 12 bulan, ada siang ada malam, ada pagi ada sore. Alloh telah membagi-bagi waktu yang didalamnya terdapat kebaikan. Salah kebaikan yang bisa diperoleh oleh umat muslim adalah waktu terbaik untuk berdoa.

Waktu Berbuka Puasa

Orang yang sedang menjalankan ibadah puasa memiliki keistimewaan. Dalam keadaan puasa, Alloh akan selalu mendengarkan doanya dan menjadi lantaran/ perantara akan cepatnya doanya dikabulkan oleh Alloh. Puasa ini tidak pada puasa romadhon saja, tapi juga pada puasa sunah seperti puasa senin kamis, puasa syawal, puasa muharram, puasa rajab dan lain-lain. Dan waktu terbaik untuk berdoa adalah pada saat waktu berbuka puasa. Berdoalah sebanyak-banyak pada saat waktu berbuka puasa. Karena pada waktu ini Alloh sedang mencurahkan segala rahmatnya pada orang berbuka. Sudah pasti Alloh mendengar dan mengijabah apa yang menjadi hajat orang yang berbuka puasa tersebut.

Waktu sahur/ Sepertiga Malam Terakhir

Waktu sahur atau sepertiga malam terakhir adalah waktu yang sangat mulia. Ini saat-saat paling dekat antara manusia dengan penciptanya. Jika ada yang bangun, kemudian melaksanakan sholat tahajud maka Alloh akan memuliakan orang tersebut, bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat. Setelah tahajud, membaca doa setelah sholat tahajud kemudian membaca doa-doa sesuai dengan hajat kita insya Alloh, Alloh akan mengabulkan.

Jika tidak percaya tentang keampuhan berdoa di waktu sahur, silahkan anda temukan buku-buku tentang keajaiban waktu sahur. Salah satu kisah adalah orang yang sakit kanker, kemudian karena keinginan untuk sembuh dan ingin bertaubat, akhirnya berusaha selalu bangun di sepertiga malam terakhir. Orang tersebut memanjatkan doa meminta kesembuhan dari sakit dan subhanalloh beberapa waktu kemudian penyakitnya sembuh.

Malam Lailatul Qodar

Saat bulan puasa ramadhan, banyak sekali ulama mewanti-wanti agar selalu menjaga malam-malam dibulan ramadhan untuk diisi dengan ibadah dan berdzikir kepada Alloh. Hal ini karena pada salah satu malam di bulan ramadhan, Alloh menurunkan malam lailatul yang merupakan malam yang indah dan lebih baik dari seribu bulan. Alloh menurunkan jutaan malaikat ke muka bumi ini untuk mendoakan orang-orang yang melakukan amal sholeh. Jika saat turun malam lailatul qodar, kita isi dengan ibadah kepada Alloh, insya Alloh Alloh akan menghitungnya seperti beribadah lebih dari seribu bulan. Begitupun dengan doa-doa yang kita panjatkan pada saat malam lailatul qodar, Alloh akan segera mengabulkannya.

Saat Bepergian/ Safar Untuk Hal Yang Baik

Saat orang bepergian dengan tujuan yang, doanya akan didengar oleh Alloh SWT. Safar disini bukan jarak dekat, tapi bepergian yang dengannya memungkinkan untuk menjamak sholat. Karena keadaanya sulit maka Alloh pun mengistimewakan orang yang melakukan safar yaitu dengan segera mengabulkan doa orang yang melakukan safar tersebut. Jangan lupa juga ketika akan melukan perjalanan jauh untuk mengamalkan doa naik kendaraan agar diberikan keselamatan dalam perjalanan.

Ketika Adzan Berkumandang

Jangan pernah menyepelekan suara adzan, meskipun suara adzan yang dilantunkan terdengar jelek, namun saat itu adalah saat terbaik untuk berdoa. Diamlah kemudian panjatkan doa dan keinginan di dalam hati atau pun dengan mengutarakan pada lisan. Insya Alloh kalau kita berdoa ketika waktu adzan, Alloh akan mendengarkan doa kita dan segera mengijabah hajat dan keinginan kita.

Diantara Adzan dan Iqomah

Dalam kondisi normal, terdapat jeda waktu antara adzan dan iqomah. Sekarang banyak masjid-masjid yang memasang penanda waktu dibagian depan, sehingga terlihat jelas berapa sisa waktu antara adzan dan iqomah. Jika memungkinkan, kita laksanakan dulu sholat qobliyah, untuk sholat fardlu dengan qobliyah. Setelah sholat qobliyah kemudian kita berdoa kepada Alloh. Atau jika waktu terlihat tinggal sedikit dan tidak memungkinkan untuk melaksanakan sholat qobliyah. Dalam posisi berdiri, segera angkat tangan dan berdoa kepada Alloh.

Anjuran berdoa ini karena sesuai dengan sabda nabi, bahwa antara Adzan Iqomah adalah waktu baik untuk berdoa.

Ketika Sujud dalam sholat

Saat kita melakukan sujud adalah saat paling dekat antara kita dengan Alloh sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Hurairoh. Berdoa saat sujud bukan hanya boleh, tapi dianjurkan untuk berdoa dan tidak ada anjur memperbanyak doa hanya pada sujud terakhir.

Ketika sebelum salam dalam sholat wajib

Setelah membaca bacaan tahiyat akhir, maka dianjurkan untuk berdoa memohon perlindungan dari siska neraka jahanam, dari siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian dan fitnah dajjal.

Beberapa ada yang menambahi dengan doa selamat yaitu Robbana atina Fiddun ya hasanatawwaqina adza bannar.

Di hari jumat

Rosululloh bersabda, hari dimana matahari terbit adalah hari jumat. Pada hari jumat, Nabi Adam Alaihissalam diciptakan, kemudian dimasukan ke surga lalu dikeluarkan dari surga. Hari jumat menjadi istimewa karena Alloh sangat mengistimewakannya. Ibaratnya jumat adalah hari raya bagi kaum muslimin. Tidak hari berkumpulnya kaum muslimin kecuali di hari jumat.

Hari Jumat menjadi hari istimewa karena pada hari Jumat Alloh menjanjikan akan terkabulnya doa-doa yang dipanjatkan pada hari jumat. Utamanya adalah pada saat imam duduk diantara dua khutbah kemudian pada saat setelah sholat ashar. Jangan pernah lewat ya berdoa di waktu yang baik di hari jumat.

Ketika hujan turun

Alloh senantiasa menurunkan rahmatnya dimuka bumi tanpa henti, salah satunya adalah ketika hujan. Lihatlah setelah saat hujan turun, bumi menjadi dingin tidak panas, tanaman menjadi subur kembali. Sumber mata air kembali penuh, kita tidak perlu bingung mencari sumber air. Karena air langsung diturunkan dari langit, gratis tidak perlu membayar. Salah satu hal lain saat hujan yang menjadi Rahmat Allah adalah, waktu hujan adalah waktu Alloh mengabulkan doa. Maka sebagai muslim yang mengetahui kebaikan waktu hujan yaitu dengan berdoa, alangkah baiknya jika momen tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk berdoa kepada Alloh SWT.

Ketika Hari Arofah

Arofah adalah salah rukun dari serangkaian ibadah haji dimana pada saat hari Arofah, para jamaah haji berkumpul dipadang Arofah untuk kemudian berdiam diri. Saat hari Arafah, Alloh benar-benar turun kedunia. Sehingga siapapun yang berdoa pada hari Arofah, pasti Alloh akan mengabulkannya. Bukan hanya untuk jamaah haji di tanah suci, untuk kita umat muslim di seluruh dunia juga memiliki keistimewaan yang sama pada hari Arofah.

Waktu hari arafah adalah di tanggal 9 Dzulhijah para jamaah haji melaksanakan sholat dhuhur yang dijamak qoshor takdim dengan sholat ashar dan kemudian mendengarkan khotbah haji. Setelah itu, para jamaah haji mulai berdiam diri, dengan berdoa, berdzikir dan lain sebagainya. Pada hari arofah ini umat islam yang tidak melaksanakn ibadah haji, disunahkan melaksanakan puasa sunah Arofah. Jangan lupa berdoa setelah sholat dhuhur sampai dengan menjelang terbenam matahari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar