--> Skip to main content

Cara Meminta Maaf Kepada Orang Lain Karena Kesalahan Kita

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi seorang manusia adalah memiliki kesalahan. Tidak ada orang yang luput dari kesalahan di dunia ini. Nabi saja sebagai manusia terpilih, pernah melakukan kesalahan yaitu lupa rokaat sholat ketika sholat berjamaah bersama dengan para sahabat nabi. Apalagi kita yang hanya manusia biasa, hadirnya kesalahan malah menjadi bukti bahwa kita adalah manusia normal yang sama dengan manusia lainnya. Namun bukan berarti sebagai manusia biasa, kita dengan serta merta mudah melakukan kesalahan, kita harus tetap berusaha seminimal mungkin melakukan kesalahan

Kesalahan manusia terbagi dari kesalahannya terhadap sesama manusia dan selain manusia. Bagaimana cara menghapus kesalahan kita kepada sesama manusia? Cara paling mudah adalah dengan meminta maaf jika kita melakukan kesalahan terhhadap sesama manusia.

Hilangkan Egomu dan Rendahkan Dirimu

Masalah muncul ketika akan meminta maaf adalah ketika ego kita muncul. Perasaan merasa gengsi meminta maaf kepada orang yang lebih rendah dari kita baik posisi, jabatan, penghasilan, kecantikan, kegantengan, kepopuleran dan lain sebagainya kadang membuat kita merasa enggan untuk meminta maaf. Padahal posisi kita sebagai orang yang bersalah, makanya pada tips yang pertama buat kalian yang ingin meminta maaf.
cara meminta maaf tanpa menyakiti yang kita mintai maaf


Cara meminta maaf paling mudah tanpa ada beban adalah dengan Menghilangkan segala bentuk gengsi dan ego yang ada pada diri kalian. Hilangkan jubah jubah dan topeng kemegahan dari diri kalian. Jika kalian adalah orang yang bersalah, berarti anda berada di bawah, orang yang anda akan minta maafnya berada di atas. Segera datang kepadanya, bicara jujur dan hati sabar dan tulus, apapun resikonya kalian harus tabah untuk menanggungnya. Rendahkan diri kalian hingga tidak ada perasaan besar dan tinggi lagi, yang ada adalah rasa tulus untuk meminta maaf.

Atur waktu, Atur Kata-Kata

Namun adakalanya ketika keinginan menggebu untuk meminta maaf, tapi dia atau mereka yang akan kita mintai maaf sepertinya akan menolak mentah-mentah. Khawatir akan ada penolakan yang lebih besar dan itu paling ditakuti oleh seseorang yang ingin meminta maaf dengan sungguh-sungguh.

Tidak ada salahnya meskipun perasaan bersalah selalu menghantui, namun menunggu waktu dan momen yang tepat adalah hal yang mungkin bisa menjadi pilihan tepat. Motivasi kita adalah meminta maaf atas kesalahan kita.

Atau setidaknya mencoba dulu sekali, datang ke orangnya atau ke keluarganya, meskipun seseorang itu marah, kecewa dan sangat muak dengan kehadiran kita, namun pada akhirnya lebih buruk lagi jika kita malah menghindar melarikan dari dari rasa bersalah dengan tanpa meminta meminta maaf. Melarikan diri dari tanpa meminta maaf justru akan terus menghantui diri selama hidup.

So buat kalian yang sedang ingin meminta maaf, susunlah kata-kata terbaik dan sampaikan kepada orang yang akan kalian mintai maafnya.

Meskipun orang itu tidak memberi maaf, setidaknya beban yang ada di hati dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf secara langsung akan sedikit berkurang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar