--> Skip to main content

Pilih Keluar PNS Jadi Pengusaha Atau Nunggu Mapan Baru Resign?

Ada banyak orang yang ingin sekali menjadi Pegawai Negeri Sipil, sampai sampai pada setiap pembukaan penerimaan CPNS selalu membludak para pelamar yang mendaftar sebagai CPNS. Dari formasi yang hanya segelintir, namun diperebutkan oleh banyak sekali pelamar, makanya bagi mereka yang berhasil lolos sebagai CPNS, merupakan berkah dan keberuntungan tersendiri. Apalagi ditengah musim tidak menentu seperti, banyak orang di PHK dan jutaan orang menganggur.
PNS resign jadi pengusaha


Di lain pihak, ada beberapa orang yang telah menjadi PNS sangat menginginkan keluar dari PNS dan beralih ke profesi lain yang menurut mereka lebih menjanjikan. Sebenarnya ada beragam alasan mengapa seorang yang sudah berstatus PNS, begitu bersemangat ingin resign atau keluar dari PNS.

Alasan Seorang PNS Resign Dari PNS

Menjadi Pengusaha

Tidak jarang PNS memiliki usaha sampingan sebagai pengusaha. Apapun usahanya yang penting tidak menganggu pekerjaan sebagai PNS, boleh boleh saja. Mungkin usahanya dilakukan di luar jam kerja. Mulai dari pedagang, laundry dan lain-lain membuat penerimaan sebagai pengusaha lebih banyak/ lebih menjanjikan dibandingkan sebagai PNS, makanya seorang PNS menginginkan mundur dari statusnya.

Kumpul Dengan Keluarga

Ini kami temukan di beberapa curhatan PNS yang terpisah dengan pasangannya. Ada yang suaminya di luar negeri, sehingga tidak memungkinkan bagi istrinya jika terus menjadi PNS untuk bisa berkumpul dengan suaminya. Paling bertemu sebentar, kemudian berpisah lagi dalam waktu yang lama. Untuk itu dengan resign dari PNS membuat kebersamaannya menjadi terwujud.

Ada lagi karena terpisah dengan buah hati, seorang ibu PNS tidak rela berpisah setiap hari dari anaknya yang masih bayi. Sehingga dengan resign bisa menjadi ibu seutuhnya. Tentunya alasan alasan demikian sangatlah wajar dan tidak perlu diganggu gugat.

Bosan Menjadi PNS

Adakalanya loh seorang Bosan dengan aktivitas rutin sehari-hari. Apalagi jika bidang pekerjaan yang tidak ada variasinya pasti akan menjadikan seorang PNS menjadi bosan. Misalkan saja berangkat pagi, berkendara ke tempat kerja. Di tempat kerja melakukan aktivitas rutin, kemudian pulang kerja, begitu seterusnya setiap hari. Ditambah lagi jika di tempat kerja tanpa diselingi dengan kegiatan tambahan seperti pembekalan untuk karyawan/ pegawai agar karyawan tersebut produktif, refreshing untuk pegawai, kenaikan gaji dan jabatan, pasti akan membuat PNS menjadi semakin bosan. Tidak salah ada seorang PNS yang memilih resign dari PNS karena bosan.

Saran Bagi PNS Yang Mau Resign Jadi Pengusaha

Mohon maaf sebelumnya jika tulisan ini sangat menganggu para PNS yang ingin resign karena ingin menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha/ enterpreneur memang tidak kalah prestisius sekarang ini. Punya waktu luang yang bisa dikontrol sendiri, tanpa ada pihak-pihak yang menekan, tentu menjadi previlage tersendiri bagi para pengusaha.

Namun kalau PNS yang mau resign belum memiliki bekal yang cukup untuk resign sebaiknya urungkan dulu niat untuk resign. Bekal untuk resign menjadi enterpreneur bukan hanya tekad yang kuat karena dipengaruhi oleh para motivator. Bukan pula bisnis/ usaha yang mulai melejit 1 atau 2 bulan. Kalau bisnis baru mulai berjalan dan terlihat hasil hanya beberapa bulan, ada baiknya tetap lanjutkan bisnis, namun jangan dilepas dulu status PNS. Karena tantangan bisnis itu serba tidak bisa diterka.

Kalau sudah benar-benar mapan dan punya bekal yang cukup ketika profesi PNS dilepas dan kira-kira penghasilan nya sama atau lebih besar dari PNS, maka itu sangat  bagus. Lagi, ada cukup simpanan di tabungan yang bisa kira-kira digunakan untuk 12 bulan yang akan datang tanpa bekerja.

Karena mesti diingat, bukan hanya anda yang terkena dampak ketika anda keluar dari PNS, tapi orang-orang menggantungkan hidup dari anda, Istri anda, anak anda.

Tapi Menjadi Enterpreur adalah sesuatu yang sangat keren dan bisa menjadikan bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan maju.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar