Tips Memilih Tempat Kos Yang Nyaman Dan Bikin Betah

Memilih tempat kos bukan hanya yang murah tapi juga nyaman. Ngekos biasanya dialami oleh mereka yang masih sekolah baik tingkat SMA ataupun perguruan tinggi bahkan hingga mereka yang sudah bekerja dan berkeluarga pun masih banyak yang ngekos. Ada beragam alasan mengapa orang lebih memilih ngekos daripada ngontrak rumah apalagi punya rumah sendiri.

Alasan pertama tentu karena perlu tempat tinggal diluar kota dengan biaya terjangkau. Biasanya orang yang ngekos karena mereka berada di luar kota tempat tinggal mereka asli. Kedua jika ngekos maka tidak perlu lagi memikirkan waktu dan tenaga untuk membersihkan kamar kos. Karena biasanya di tempat kos selalu ada orang yang membersihkannya. Meskipun ada juga kos kosan yang tidak menyediakan orang untuk membersihkan kos, tapi ini jumlahnya relatif sedikit. Ketiga memilih tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja ataupun studi.
tips memilih kos agar nyaman dan betah

Keempat, orang yang ngekos tida perlu repot membeli peralatan seperti tempat tidur, lemari meja untuk mengisi ruangan. Berbeda dengan mengontrak rumah meskipun hanya rumah petak, maka orang harus menyediakan anggaran untuk membeli tempat tidur, lemari dan perlengkapan lain yang dibutuhkan selama mengontrak.

Makanya tidak heran di sekitar sekolah di kota, universitas, pabrik, kantor kantor banyak berdiri kos kosan dengan bermacam macam harga dan fasilitasnya. Inilah mengapa mereka para pencari kos kadang dibuat bingung memilih kos yang mana.
Baca juga: Tips Agar Rumah Lebih Nyaman, Mudah dan Biaya Murah
Oleh karena itu pada postingan kali ini kami akan memberikan tips memilih kos yang nyaman dan membuat betah.

Tips Memilih Tempat Kos Nyaman dan Mbetaih

1. Fasilitas

Memilih tempat kos hal pertama yang perlu anda lihat adalah fasilitasnya. Fasilitas utama seperti kamar yang lengkap dengan tempat tidur dan lemari pakaian. Jika perlu ada fasilitas lain yang tersedia sesuai dengan yang anda butuhkan di dalam kamar seperti AC, kamar mandi di dalam kamar. Selain itu anda juga harus melihat kebersihan airnya, ada tidaknya parkiran, pintu gerbang yang selalu terkunci agar menjamin keamanan dalam kamar anda. Anda harus pastikan keamanan di lingkungan tempat kos yang anda incar. Sebab kos kosan sering kali menjadi sasaran pencuri untuk mendapatkan barang-barang yang bisa mereka ambil. Kalau taman dan kolam ikan itu bisa menjadi nilai plus sebuah kos.

2. Jumlah kamar

Semakin sedikit jumlah kamar, maka kos kosan semakin kami rekomendasikan. Sebab dengan sedikitnya jumlah kamar maka kemungkinan terjadi konflik akan lebih sedikit dan tidak ada yang kelompok yang merasa berkuasa di kos-kosan. Beda dengan kos kosan yang memiliki jumlah kamar banyak pasti sebanding dengan penghuninya yang juga banyak. Biasanya akan rawan terjadi konflik antar penghuni kos. Ada yang berkuasa dan ada pula yang tertindas, sehingga yang tertindas lama kelamaan akan pindah dari kos karena tidak nyaman.

Terus kalau jumlah kamar dan penghuni banyak dengan fasilitas kamar mandi di luar, maka dimungkinkan akan rebutan saat akan menggunakan kamar mandi. Begitupun ketika akan mencuci pakaian. Maka pilihlah kos dengan jumlah kamar yang relatif lebih sedikit.

3. Jenis kos

Pilih jenis kos yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ada kos pria, ada kos khusus wanita, ada kos suami istri ada kos campur. Kalau anda pria single, alangkah lebih baiknya jika memilih kos pria saja atau bisa juga campur. Sesuaikan dengan kenyamanan anda.

4. Jam berkunjung

Ada kos yang memberikan batasan jam berkunjung bagi tamu yang datang ke kos. Namun banyak pula kos yang tidak memberikan batasan bagi siapapun yang akan berkunjung ke kos. kalau menurut kami sebaiknya pilih kos yang memiliki batasan dalam hal orang luar kos boleh berkunjung sebagai tamu di kos. Faktor keamanan dan kenyaman menjadi hal yang paling ketika memilih hidup ngekos.

5. Mayoritas penghuni

Tips memilih tempat kos yang nyaman selanjutnya adalah mayoritas penghuni. Siapapun yang menjadi mayoritas di sebuah kos kosan asal tidak semena mena dan bisa hidup berdampingan dengan mereka pasti menjadi lingkungan kos yang nyaman. Namun seringkali kos yang dikuasai kelompok tertentu menjadi kurang nyaman akibat tindakan mereka. Sebut saja misal kos dengan mayoritas A, mereka sering pulang larut malam dan mengobrol ramai sampai jam 1 atau jam 2 malam. Maka sangat mungkin penghuni lain yang akan istirahat menjadi terganggu. Makanya lihat dulu siapa yang menjadi mayoritas penghuni kos.

6. Pemilik

Anda akan sangat beruntung jika tinggal di sebuah kos-kosan dengan pemilik yang sangat peduli dengan para penghuninya. Sebab tidak sedikit pula kos kosan dengan pemilik yang hanya mau uangnya saja, ketika belum menerima pembayaran kos maka si pemilik akan dengan segera menagih. Namun ketika penghuni ada komplain dengan fasilitas, tidak segera dibenahi. Sebaiknya tanya tanya penghuni yang sudah berada disitu apakah nyaman atau tidak tinggal disitu. Dan bagaimana sifat atau perilaku pemilik kos. Tanya juga apakah kos tersebut sering naik harga atau tidak.

7. Harga

Tips memilih tempat kos terakhir yang kami berikan adalah harga. Apakah harga sesuai dengan fasilitas yang akan diberikan atau hanya harganya saja yang mahal. Cek secara detail biaya biaya apa saja yang menjadi tambahan atau sudah include pada harga kos perbulannya. Sebab sangat mungkin kos yang memiliki harga mahal sekalipun belum tentu memberikan jaminan biaya listrik, air, kebersihan. Malah bisa-bisa dibebankan kepada penghuninya.
Facebook CommentsShowHide

0 comments