--> Skip to main content

Doa Meminta Kesembuhan Saat Sakit dalam Islam dengan Tulisan Arab dan Arti Dalam Bahasa Indonesia

Doa Meminta Kesembuhan Saat Sakit dalam Islam dengan Tulisan Arab dan Arti Dalam Bahasa Indonesia. Manusia dalam menjalankan aktivitas kehidupannya selalu silih berganti, pada suatu saat sehat dan ada kalanya mengalami sakit. Perilaku yang wajar, saat orang sakit pasti akan berusaha mencari cara bagaimana agar sembuh dari sakitnya. Saat sakit flu misalnya, badan pegal-pegal, nggreges, pusing dan tidak enak badan, jalan paling mudah adalah dengan membeli obat di warung. Atau setelah menggunakan obat warung, ternyata sakit tidak kunjung sembuh, maka dokter adalah tujuan selanjutnya untuk mencari kesembuhan.

Islam sangat menganjurkan agar setiap umatnya berusaha semaksimal mungkin mencapai apa yang menjadi tujuannya, termasuk dalam mencapai kesembuhan yaitu dengan berobat keahlinya. Namun, Islam juga memberikan panduan yang sangat jelas, bahwa segala sesuatu terjadi pasti atas kehendak Alloh, termasuk kesembuhan. Tidak ada kesembuhan yang terjadi tanpa kehendak Alloh. Meskipun seseorang telah berobat ke ahli dari yang paling ahli dari suatu penyakit, dengan obat yang mahal sekalipun, kalau Alloh tidak atau membelum memberikan ijin untuk kesembuhannya, maka dokter dan obat tersebut tidak mungkin dapat menyembuhkan.
Maka sudah menjadi hal semestinya, bahwa dalam hal mencari kesembuhan dari suatu penyakit, seseorang selalu menyejajarkan berdoa kepada Alloh disamping dengan berusaha mencari kesembuhan lewat dokter, tabib atau cara lainnya yang sesuai syar'i. Bukan menjadikan doa sebagai hal nomor sekian setelah ke dokter, makan obat dan lain-lain. Nabi Muhammad SAW, telah mengajarkan kepada para Sahabat doa mustajab dan manjur untuk memohon kesembuhan dari Alloh jika kita sakit atau keluarga atau orang yang kita kenal sakit. Doanya sangat sederhana namun penuh makna dan mengandung puji-pujian kepada Alloh azzawajalla.

Doa Memohon Kesembuhan Bagi Orang Sakit Dalam Islam

Doa memohon kesembuhan dalam Islam untuk orang sakit lafal arab dan arti indonesia

Doa meminta kesembuhan diatas dalam latin sebagai berikut:

"Allohummarobbannas Adzhibilba's wasfih waantassyafiila syifaa' illa syifaa uka syifaa la yughodiru saqoma"

Doa tersebut diatas juga biasa dibacakan saat orang sedang dirukyah, selain membacakan ayat-ayat rukyah seperti Surat Qulhu, Al Falaq dan Annas, perukyah juga biasanya membacakan doa-doa untuk memohon kesembuhan seperti pada doa di atas.
Baca juga: Segera Taubat Nasuha

Doa Meminta Kesembuhan Untuk Orang Sakit Menurut Agama Islam

doa untuk kesembuhan orang sakit dalam islam
Artinya: Rob manusia, sapulah penyakit/ sakit ini. Hanya Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Engkau.

Redaksi doa kesembuhan dari suatu penyakit lainnya seperti pada teks diatas. Permohonan kepada Alloh yang menyatakan Alloh lah yang dapat membersihkan penyakit dari tubuh manusia. Pernyataan/ pengakuan dari yang berdoa bahwa hanya Alloh yang dapat menyembuhkan dan tidak ada yang lain.

Sebenarnya ada banyak sekali doa-doa memohon kesembuhan yang diajarkan oleh suri tauladan kita Nabi Agung Muhammad SAW, namun di artikel doa doa kesembuhan dalam islam ini hanya dua yang kami berikan. Kami sampaikan maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kesalahan dalam penulisan, arti atau lainnya, mohon untuk dapat menyampaikannya di komentar. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar