--> Skip to main content

Amalan Sunah Di Bulan Ramadhan Yang Paling Penting dan Jangan Sampai Terlewat

Alhamdulillah kita telah sampai kembali di Bulan Ramadhan. Bulan paling dinanti oleh semua umat Islam di dunia. Bahkan mungkin dinantikan juga oleh orang non muslim di dunia. Karena apa, keberkahannya begitu terasa, semua orang menikmati Indahnya bulan ramadhan. Orang yang tadinya malas-malasan menjalankan Ibadah, tapi ketika memasuki bulan ramadhan, menjalankan ibadah begitu mudah tanpa ada beban. Termasuk ketika menjalankan ibadah sunah di bulan ramadhan, seperti ringan saja, tanpa ada keinginan untuk menyudahi.

Keberkahan ramadhan juga dirasakan oleh orang non muslim loh. Seperti para pedagang makanan yang laris manis ketika menjelang waktu berbuka atau saur. Pedagang pakaian, pedagang mukena, pedagang sayur, tukang cukur, semuanya memiliki keberuntungan ketika datangnya bulan ramadhan. Keberuntungan yang didapatkan oleh banyak orang bukan tanpa sebab, penyebabnya adalah karena ada berkah dari Alloh SWT.
Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Sholat pada Puasa Tahun 2020
Hal yang sepertinya biasa saja mendapatkan keberkahan, bagaimana kalau umat menjalankan segala sesuatu yang menjadi sunah atau anjuran di bulan puasa. Pasti kalau kita melaksanakannya akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda. Apalagi sesuai perintah Alloh, setiap amalan sunah yang dilaksanakan di bulan puasa akan dilipatkan pahalanya hingga berkali lipat.

Sebut saja saat kita berbuka puasa, oleh Alloh, saat berbuka puasa menjadi waktu tersendiri dan diistemawakan. Saat berbuka puasa adalah waktu terbaik untuk membaca doa sehingga sangat dianjurkan memperbanyak doa saat buka.

Berikut ini kami berikan untuk anda informasi mengenai apa saja sih amalan sunah yang menjadi andalan dan dianjurkan ketika bulan Puasa? berikut ulasannya

Amalan Sunah Di Bulan Ramadhan Paling Dianjurkan

Sholat Tarawih

Sholat sunah yang hanya bisa dikerjakan di bulan ramadhan adalah sholat tarawih. Berbeda dengan sholat tahajud, atau sholat dhuha yang bisa dikerjakan setiap hari. Waktu sholat tarawih hanya bisa dilakukan ketika malam hari setelah sholat isya dan berada di bulan ramadhan. Bacaan sholat tarawih pun bacaan khusus namanya doa kamilin. Membaca doa setelah sholat tarawih dilakukan setelah rokaat ke 20 bagi yang 23 rokaat atau rokaat 8 bagi yang 11 rokaat.

Membaca Al Quran

Bulan ramadhan menjadi bulan diturunkannya Al Quran pertama kali kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. Oleh karena itu, bulan Ramadhan memiliki keistimewaan sebagai bulannya AL Quran. Alloh akan memberikan ganjaran yang sangat banyak bagi siapapun yang membaca Al Quran di bulan Ramadhan. Alloh akan melipatkan pahala berlipat-lipat ganda jumlahnya. Termasuk bagi anda yang masih terbata-bata dalam membaca Al Quran, Alloh tetap akan memberikan anugerah pahala yang berlipat-lipat jumlahnya.
1 amalan sunah yang dianjurkan dilakukan pada bulan ramadhan

Tidak ada waktu khusus, kapan membaca Al Quran di bulan Ramadhan, umat muslim boleh kapan saja membaca. Bahkan ketika sedang safar atau bepergian, membaca Al Quran juga sangat perlu, apalagi jika dalam keadaan puasa ramadhan. Tentu ketika bepergian, kita tidak lupa membaca doa naik kendaraan laut, darat dan udara 

Sedekah

Hal paling indah dalam ini adalah ketika mampu berbagi dengan orang lain yang memang membutuhkan. Bersedekah adalah amalan sunah yang sungguh di anjurkan, apalagi di bulan Ramadhan. Jika di bulan-bulan lain kita biasa saja dalam bersedekah, mulai bulan ramadhan ini, mari kita bertekad dengan penuh semangat untuk mendawamkan sodaqoh dan memperbesan nominalnya. Mudah-mudahan dengan niat yang, Alloh akan memudahkan jalan dan rezeki kita.

Sahur

Sahur sebelum melaksanakan puasa memang sangat dianjurkan dan waktu yang paling utama untuk sahur adalah mengakhirkannya. Misalkan waktu subuh jam 4.35, maka setidaknya kita sahur 20 atau 15 sebelumnya. Kita bangun jam 3.30 melaksanakan sholat tahajud dan ibadah sunah lainnya kemudian mempersiapkan segala sesuatunya untuk sahur, baru kemudian sahur. Kalau kita sahur, tentu akan menambah tenaga kita ketika menjalankan ibadah puasa. Berbeda dengan yang tidak sahur, siang hari pasti akan lelah. Nabi saja memerintahkan sahur walau hanya dengan seteguk air, karena di dalam sahur terdapat banyak sekali keutamaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar